Sukses

Lifestyle

Menguak terciptanya pizza dan kapan masuk di Indonesia

Fimela.com, Jakarta ­Pizza merupakan makanan favorit sebagian besar orang. Rasanya yang gurih dipadukan dengan berbagai toping lezat menjadikan pizza memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang. Sejauh ini, pizza menjadi salah satu makanan yang populer di seluruh dunia.

Mengenai pizza, pernah berpikir bagaimana terciptanya pizza dan kapan makanan asal Italia ini masuk Indonesia?

Sejarah terbentuknya pizza

Melansir dari laman thespruceeats.com, awal mulanya pizza merupakan makanan bagi orang miskin. Sejarah pizza dimulai pada saar orang Yunani membuat adonan roti berukuran besar dengan bentuk pipih bulat dan rata lalu dicampur dengan rempah-rempah dan minyak.

Pada abad 18, pizza dibuat tanpa topping. Pizza hanya sebuah roti tawar berbentuk bulat yang dimasak dengan cara dipanggang dan dijual di jalan-jalan besar. Harganya cukup murah dan dikenal sebagai makanan masyarakat kalangan bawah di daerah Naples, Raja Ferdinand I (1751-1825). Karena dinilai sebagai makanan masyarakat kalangan bawah, masyarakat kalangan menengah dan atas tidak pernah mengonsumsi pizza.

Hingga suatu saat, Raja Ferdinand I menyamar jadi masyarakat kalangan bawah dan mencoba pizza. Rupanya raja tersebut suka dan ia pun memberi tahu orang-orang di istana bahwa ia menyukai pizza. Orang-orang kaya pun akhirnya mencoba pizza dan mereka juga menyukainya.

Tahun 1830 kedai pizza pertama dibuka di Napoli. Raja Umberto I dan permaisurinya, Ratu Margherita berkunjung ke Napoli lalu diberi sajian pizza. Sang ratu rupanya sangat menyukai pizza tersebut. Sejak saat itulah, pizza semakin terkenal dan menjadi makanan yang disukai berbagai kalangan masyarakat mulai dari kalangan bawah hingga atas.

Pizza masuk ke Indonesia

Pizza masuk ke Indonesia di akhir abad 20 tepatnya tahun 1980 pada masa pemerintahan Soeharto. Bukan pizza dari Italia, pizza yang pertama masuk ke Indonesia justru pizza asal Amerika. Pizza ini dibawa dan diperkenalkan oleh salah satu restoran pizza ternama dan tertua di Indonesia.

Mengenai pizza, saat ini sudah ada banyak macam pizza yang populer di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu pizza di Indonesia juga memiliki topping beragam dan menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Jauh setelah pizza asal Amerika populer di Indonesia, pizza asal Italia juga masuk dan menjadi makanan alternatif sebagian besar masyarakat Indonesia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sejarah Gula Kapas atau Cotton Candy
Artikel Selanjutnya
10 Makanan Khas Jepang yang Paling Populer di Indonesia