Sukses

Lifestyle

Alasan kenapa masakan bersantan lebih enak setelah dipanaskan lagi

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa sayur atau masakan bersantan memiliki rasa yang lebih enak, lezat dan nendang setelah dihangatkan atau dipanaskan lagi? Masakan bersantan akan memiliki rasa yang lebih enak ini tentu terjadi bukan tanpa alasan.

Masakan seperti jangan lombok atau gudek serta lodeh nangka muda bisa terasa makin lezat setelah dihangatkan karena kandungan santan dan bumbu di dalam masakan. Di dalam santan kelapa, terdapat protein dan gula yang jika dipanaskan kembali akan saling bereaksi.

Saat masakan bersantan dipanaskan, kadar santan dan air akan berkurang. Saat itulah ada reaksi Maillard atau browning. Protein akan bereaksi dengan gula membentuk molekul-molekul kecil yang membuat masakan terasa makin sedap dan lezat. Masakan yang dipanaskan dengan suhu di atas 154 derajat celcius bahkan bisa terasa lebih gurih dan nikmat.

Tak hanya berlaku pada masakan bersantan, reaksi yang membuat masakan terasa makin nikmat ini juga berlaku pada daging dan ikan yang dimasak dengan cara dipanggang. Meski memiliki rasa yang lebih lezat dan nikmat, masakan bersantan yang dipanaskan berulang kali justru tidak baik buat kesehatan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading