Sukses

Lifestyle

Cara praktis untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur pare

Fimela.com, Jakarta Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang tak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi setiap hari. Sayuran sendiri ada bermacam-macam. Selain memiliki rasa yang lezat, berbagai sayuran ini juga memiliki khasiat menyehatkan buat tubuh. Salah satu sayur lezat dan sehat tersebut adalah sayur pare.

Namun sayangnya, jika kita tidak bisa mengolah sayur pare dengan baik kita akan mendapatkan sayur pare yang sangat pahit. Untuk mengatasi atau menghilangkan pahit pada pare, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Penasaran apa caranya? Simak yang berikut ini.

Manfaatkan garam

Cara pertama untuk menghilangkan pahit pada pare adalah garam. Caranya adalah, kupas pare dan potong sesuai selera kemudian aduk bersama garam secukupnya. Aduk-aduk hingga sayur pare layu kemudian diamkan kira-kira selama 15 menit. Peras pare hingga lemas dan airnya berkurang cukup banyak. Cuci pare dengan air mengalir hingga benar-benar bersih dan teksturnya kesat. Pare siap dimasak dan rasa pahitnya cukup banyak berkurang.

Manfaatkan gula dan daun jambu biji

Manfaatkan gula pasir

Sama dengan garam, gula pasir juga bermanfaat menghilangkan rasa pahit pare. Caranya, buang isi pare kemudian potong pare sesuai selera. Campur pare bersama gula pasir secukupnya. Remas-remas pare hingga lemas kemudian peras airnya. Jika sudah, cuci pare dengan air hingga bersih dan kesat. Peras lagi pare sebelum dimasak.

Manfaatkan daun jambu biji

Bahan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pahit pare adalah daun jambu biji. Buang biji pare kemudian potong kecil-kecil sesuai selera. Siapkan 5 sampai 7 lembar daun jambu biji. Cuci pare dan daun jambu biji kemudian rebus keduanya sampai layu. Tambahkan garam secukupnya saat merebus pare. Jika pare sudah layu atau matang, angkat kemudian tiriskan. Tunggu dingin, peras pare hingga cukup kesat. Olah sesuai selera.

Itulah beberapa cara praktis untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Tertarik memasak sayur pare? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading