Sukses

Lifestyle

Cara mudah agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati minyak meletup dan mengenai tubuh saat menggoreng ikan? Minyak meletup saat menggoreng ikan sebenarnya adalah hal yang umum terjadi. Apalagi, jika ikan yang hendak digoreng adalah ikan segar dengan kandungan air cukup banyak di dalamnya.

Meski ikan memiliki segudang manfaat buat kesehatan dan rasanya enak, jika untuk mengolahnya atau memasaknya cukup sulit tentu kita akan sedikit malas memasak ikan. Tapi, mulai sekarang jangan malas lagi buat memasak ikan terutama dengan cara menggorengnya. Ada cara mudah menggoreng ikan agar minyak tidak meletup dan panasnya mengenai tubuh.

 

Perhatikan jumlah minyak

Usahakan agar tidak menggunakan minyak tidak lebih dari sepertiga jumlah ikan. Saat menggoreng ikan gunakan sedikit minyak saja. Semakin banyak minyak yang digunakan untuk menggoreng, akan semakin mudah minyak meletup. Jumlah letupannya juga semakin banyak dan membahayakan.

 

Perhatikan suhu api

Pastikan suhu api tidak terlalu panas saat menggoreng ikan. Suhu yang terlalu panas hanya akan membuat ikan lebih mudah gosong di bagian luar sementara bagian dalamnya tetap mentah. Gunakan api sedang atau kecil saja saat menggoreng ikan. Meski butuh waktu cukup lama agar ikan matang, setidaknya hal ini tidak akan membuat minyak meletup dan ikan pun bisa matang sempurna.

 

Campur minyak dengan air jeruk nipis

Balut ikan dengan tepung

Membalut ikan dengan tepung akan meminimalisir minyak meletup saat digoreng. Usahakan agar tepung yang digunakan adalah tepung kering. Caranya, bumbui ikan seperti biasa kemudian gulingkan ikan ke dalam adonan tepung yang telah diberi garam. Selain meminimalisir meletupnya minyak, ikan yang dibalut dengan tepung juga tidak lengket dan tekturnya bakal lebih renyah.

 

Rendam ikan dengan bumbu, simpan di lemari es

Cara selanjutnya agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan adalah dengan merendam ikan dengan bumbu sebelumnya. Setelah itu, simpan ikan di dalam lemari es. Ikan yang dibumbui sejak lama dan disimpan di lemari es akan terasa lebih lezat serta gurih. Ini juga meminimalisir meletupnya minyak saat ikan digoreng.

 

Campur minyak dengan air jeruk nipis

Untuk mengurangi letupan pada minyak saat menggoreng ikan, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencampur minyak dengan jeruk nipis. Cobalah meneteskan air jeruk nipis ke dalam minyak sebelum menggoreng ikan. Kita juga bisa menggunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada tubuh ikan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko minyak meletup saat menggoreng ikan. Cara ini juga berlaku saat kita menggoreng ayam, daging atau bahan masakan lain yang rentan membuat minyak meletup. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading