Sukses

Lifestyle

5 cara menjaga hubungan tetap mesra dalam rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Menjaga hubungan tetap mesra setelah menikah bisa dilakukan dengan banyak cara. Mengingat ketika sudah berumah tangga bakal ada banyak persoalan baru yang bermunculan, pasangan harus bisa punya komitmen kuat untuk menjaga janji suci yang sudah diucap saat menikah.

Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dipakai untuk menjaga hubungan tetap mesra. Menjaga keutuhan pernikahan pun bisa dimulai dengan mulai mengikuti hal-hal paling mendasar dalam menjaga kelanggengan hubungan. Seperti sejumlah cara berikut ini. 

1. Jadwalkan waktu khusus berduaan

Setelah menikah, memang ada banyak hal yang harus disesuaikan. Proses adaptasi dan berbagai kesibukan baru mungkin akan mempengaruhi rutinitas kita. Namun, penting juga untuk tetap membuat jadwal untuk bisa kencan. Tak harus ke tempat yang mahal, yang penting bisa menghabiskan waktu berdua menikmati sesuatu bersama. 

2. Terbuka soal orang-orang dekat

Siapa saja teman, sahabat, dan rekan kerja yang kita miliki. Semua itu juga perlu diungkapkan ke pasangan. Biar tidak memicu prasangka atau kecemburuan yang tak beralasan. Setelah menikah, kita juga bakal tetap disibukkan dengan bekerja dan menjalin hubungan baik dengan orang-orang sudah kita kenal dengan dekat. Dan hal ini juga perlu dibicarakan ke pasangan biar lebih nyaman dalam berkomunikasi.

“Love doesn’t just sit there, like a stone, it has to be made, like bread; remade all the time, made new.” – Ursula K. Le Guin, The Lathe of Heaven

3. Saling mendukung impian masing-masing

Kemesraan tak hanya ditunjukkan dengan sikap romantis. Bisa juga dengan saling mendukung impian masing-masing. Dukungan seperti ini bisa jadi bukti cinta sejati. 

4. Buat tujuan baru untuk dicapai bersama

Punya rencana masa depan seperti apa? Ingin membangun keluarga yang bagaimana? Semua ini pun perlu dibicarakan. Buatlah tujuan atau target baru untuk dicapai bersama. Pernikahan tak ubahnya sebuah perjalanan. Agar perjalanan bisa berjalan lancar, perlu ada tujuan pasti yang dituju. 

"There is no remedy for love but to love more.” – Henry David Thoreau

5. Perbanyak tawa

Tetaplah bercanda. Tertawa bersama. Lakukan lebih banyak hal yang menyenangkan bersama. Tetap miliki sisi humoris dalam hubungan. Di saat-saat berat menghadapi sebuah masalah rumit, tertawa bersama bisa jadi obat yang paling ampuh. 

Lima hal di atas bisa dibilang cara paling mendasar untuk menjaga hubungan tetap mesra dalam rumah tangga. Kita masih bisa menambah lebih banyak cara yang efektif, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan karakter pasangan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput