Sukses

Lifestyle

5 oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal murah, enak dan tahan lama

Fimela.com, Jakarta Kota Yogyakarta selalu menjadi tujuan wisata bagi wisatawan tanah air maupun luar negeri. Kotanya yang ramah, banyaknya tempat wisata yang ada di sana dan kulinernya yang beragam menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu kota paling direkomendasikan untuk dikunjungi.

Yogyakarta sendiri menjadi salah satu kota dengan kebudayaan yang mengagumkan dan siap bikin siapa saja yang pergi ke sana jatuh cinta. Yogyakarta yang terkenal dengan batik dan keratonnya ini juga memiliki banyak kuliner murah, enak dan tahan lama yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Berikut beberapa makanan khas Yogyakarta yang siap dibeli dan tak boleh ketinggalan untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sana.

1. Bakpia. Oleh-oleh pertama yang terkenal dari Yogyakarta adalah bakpia. Selain enak dan murah, bakpia juga memiliki berbagai varian rasa dan tahan lama. Bakpia bisa tahan hingga 4 hari dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara atau sahabat setelah kita berkunjung ke Yogyakarta. Saat bakpia disimpan di lemari es, maka ketahanannya bisa bertahan lebih lama lagi. Ada banyak toko atau pusat oleh-oleh yang menjual bakpia di Yogyakarta.

2. Yangko. Yangko merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan. Bentuknya persegi empat mungi dan berbalut tepung terigu bagian luarnya. Rasanya manis dan enak di lidah. Cara pembuatan yangko cukup rumit seperti halnya cara pembuatan jenang atau dodol. Yangko terdiri dari berbagai warna dan rasa, serta aroma.

Geplak, gudeg dan cokelat Monggo

3. Geplak. Oleh-oleh selanjutnya yang begitu enak, tahan lama dan murah adalah geplak. Geplak terbuat dari parutan kelapa, gula dan pewarna makanan. Geplak sendiri memiliki berbagai varian rasa serta aroma. Makanan ini bisa tahan hingga 1 minggu.

4. Gudeg. Gudeg menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta. Kali ini telah ada banyak produsen gudeg yang menjualnya sebagai makanan kaleng dan bisa bertahan hingga sangat lama. Kita bisa membeli gudeg kaleng sebagai oleh-oleh ketika mengunjungi Yogyakarta.

5. Cokelat Monggo. Yogyakarta juga memiliki cokelat dengan cita rasa menggugah selera seperti halnya cokelat asal Belgia. Cokelat asal Yogyakarta ini adalah cokelat Monggo. Untuk memperoleh cokelat Monggo, kita bisa datang ke tempat produksinya sekaligus tokonya yang ada di jalan Dalem, Kotagede, Yogyakarta.

Jika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di atas. Jangan khawatir harga, soal harga oleh-oleh khas Yogyakarta di atas sangat bersabahat dengan isi kantong kok.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading