Sukses

Lifestyle

Agar tomat awet segar dan tahan lama, begini cara tepat menyimpannya

 

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi irisan buah tomat yang diberi taburan gula tentu menjadi hal yang menyegarkan. Juga, ketika kita mengolah buah tomat tersebut jadi jus buah dan menambahkan potongan es batu di dalamnya. Ngomongin soal buah tomat, sayangnya buah tomat adalah buah yang memiliki daging buah cukup lunak sehingga bisa dengan mudah rusak saat disimpan dalam waktu lama.

Agar buah tomat awet atau tahan lama, umumnya kita akan menyimpan buah tomat di dalam lemari es. Namun perlu kita tahu, menyimpan tomat di lemari es sangat tidak disarankan. Suhu rendah lemari es dipercaya bisa menurunkan kualitas rasa, warna dan nutrisi yang terkandung di dalam tomat.

Agar tomat awet segar dan tahan lama, ada beberapa cara menyimpan tomat yang bisa dilakukan dengan benar atau tepat. Cara tersebut adalah sebagai berikut.

 

 

Simpan tomat di suhu ruangan

Simpan tomat di suhu ruangan

Pastikan untuk menyimpan tomat di dalam suhu ruangan. Menyimpan tomat di dalam tempat dengan suhu ruangan biasa akan membuat kualitas rasa, warna dan nutrisi tomat tetap baik. Tomat yang disimpan dalam suhu ruangan bisa bertahan hingga 1 sampai 2 minggu. Kita cukup meletakkan tomat di dalam wadah dan menempatkannya di meja atau kolong dapur. Lapisi bagian bawah wadah dengan kertas agar tomat tetap terjaga kualitasnya. 

Jangan buang tangkai pada buah tomat

Jangan buang tangkai pada buah tomat

Agar buah tomat awet dan tahan lama saat disimpan di suhu ruangan, hindari membuang tangkai pada buah tomat. Adanya tangkai pada buah tomat yang disimpan bisa memperlambat pembusukan pada buah tomat. Adanya tangkai juga memungkinkan tomat memiliki kualitas rasa dan nutrisi yang mengagumkan.

Hindari menyimpan tomat di dekat makanan lain yang berbau menyengat

Pastikan untuk menghindarkan buah tomat dari bahan makanan atau benda lain yang memiliki aroma menyengat. Ini dilakukan agar bau serta rasa pada buah tomat tidak berubah. Simpan tomat di tempat yang kering dan jauh dari kelembaban pula.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan tomat agar awet segar dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading