Sukses

Lifestyle

Slogan "4 Sehat 5 Sempurna" berubah karena alasan ini

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita selalu mendengar slogan 4 Sehat 5 Sempurna sebagai pedoman gizi seimbang. Slogan tersebut menggaung sejak 1950 dan wajar bila akhirnya saat duduk dibangku sekolah dasar, semua wajib menghafal pedoman itu.

Namun sejak tahun lalu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mengganti slogan tersebut menjadi "Isi Piringku". Penggantian slogan tersebut bukan tanpa alasan yang jelas.

Konsultan Gizi dari Iradat Consultant, Rita Ramayulis menjelaskan, alasan pertama karena terjadi pergeseran kehidupan, yaitu pola makan di sekitar kita yang tinggi gula dan lemak.

Alasan kedua yang seharusnya ikut menjadi perhatian adalah aktivitas manusia Indonesia yang menurun drastis. "Tidak ada lagi aktivitas fisik yang bisa mengimbangkan energi yang masuk," jelas Rita.

Semua orang mungkin bertanya-tanya mengenai apa perbedaan antara Pedoman 4 Sehat 5 Sempurna dengan Isi Piringku. Bedanya ada pada porsi makanan yang sudah ditentukan pada Isi Piringku.

Berdasarkan penjelasan Rita, 4 Sehat 5 Sempurna tidak lagi cocok jika dipakai di zaman sekarang karena tidak ada porsinya, dan tidak ada keseimbangan.

"Jadi tidak mampu mengukur kelebihan (makanan yang masuk ke tubuh) untuk kemudian dikeluarkan kembali."

Sementara Isi Piringku berisi pembagian karbohidrat, sayur, buah, protein yang porsinya terbagi rata, untuk sekali makan. Lengkap dengan contoh aktivitas fisik sesuai usia.

Selain itu, Isi Piringku juga mengampanyekan kembali tentang cuci tangan sebelum makan, aktivitas fisik, memantau berat badan, dan minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading