Sukses

Lifestyle

Sejarah dan asal-usul makanan lezat mie

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang suka dengan mie? Bisa dipastikan bahwa sebagian besar dari kita menyukai masakan mie. Bicara mengenai mie, pernahkah terlintas di pikiranmu kapan mie dibuat? Siapa pembuat mie pertama kai dan dari mana mie berasal?

Melansir dari laman theatlantic.com, sejarah atau asal-usul mie sampai saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat dunia. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa mie pertama kali dibuat wilayah Mediterania. Sedangkan beberapa pendapat lain menyebutkan jika mie pertama kali berasal dari Timur Tengah. Bahkan, beberapa pendapat juga menyebutkan jika mie asalnya dari negeri Tirai Bambu, China.

Pada tahun 2005 arkeolog menemukan jika mie berasal dari Dinasti Han Timur sekitar abad 2 Masehi. Arkeolog menemukan adanya mie tertua di China dengan usia sekitar 4.000 tahun. Beberapa bukti sejarah menyebutkan jika China kuno menjadi salah satu bangsa pertama yang menghasilkan atau menciptakan mie.

Bagi rakyat China sendiri, mie dikenal sebagai makanan cukup penting. Mie kerap disajikan dalam upacara-upacara besar. Mie juga merupakan simbol panjang umur sehingga menjadi menu wajib saat acara perayaan ulang tahun.

Para ahli menyebutkan jika Mie terus berkembang dan tersebar luas di beberapa negara Asia termasuk Jepang, Korea dan sekitarnya. Mie juga tersebar luas ke daratan Eropa oleh pedangang zaman dulu. Di berbagai negara di dunia, mie juga terus mengalami perkembangan sesuai dengan wilayah masing-masing.

Mengenai mie, ada banyak macam mie yang bisa kita temukan di dunia dengan cita rasa yang berbeda antara satu dengan lainnya. Tak hanya cita rasanya yang berbeda, bentuk dan tekstur mie dari satu negara dengan negara lainnya juga tak sama.

 

;
Loading