Sukses

Lifestyle

Alasan kenapa sebaiknya anak diperbolehkan bermain sendiri

Fimela.com, Jakarta Agar tumbuh kembang anak semakin baik, orangtua penting memberi kebebasan buatnya untuk beraktivitas sesuai dengan kreativitasnya. Melansir dari laman dailyparent.com, orangtua perlu memperbolehkan anak buat bermain sendiri agar ia semakin mandiri, hati-hati dan waspada dengan sekitarnya.

Memang, membiarkan anak bermain sendiri cukup mengkhawatirkan bagi banyak orangtua. Namun, ketika orangtua terus mengekang anak dan melarang anak melakukan berbagai hal, ini justru akan membuat anak rentan stres, depresi dan tidak nyaman dengan aktivitasnya sehari-hari.

Anak-anak yang diberi kesempatan untuk bermain sendiri bisa memiliki kreativitas mengagumkan, lebih bisa menjaga dirinya sendiri, lebih hati-hati serta waspada. Anak-anak yang terbiasa bermain sendiri juga akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang lebih mandiri, pemberani serta kuat.

Untuk membiarkan anak bermain sendiri, sebaiknya anak telah mencapai usia 6 sampai 7 tahun. Meski begitu tetap, beri pengawasan yang terbaik pada anak dari jarak jauh. Tetap arahkan anak untuk senantiasa hati-hati, waspada dan menjaga diri sebaik mungkin saat bermain sendiri.

Anak yang masih balita wajib selalu didampingi dan diawasi sebaik mungkin saat mereka bermain. Abak yang diperbolehkan bermain sendiri adalah anak-anak yang memang sudah siap menjaga dirinya sendiri, berani ke luar rumah sendiri tanpa didampingi dan orangtua telah yakin anak siap bermain sendiri dengan pengawasan dari jauh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading