Sukses

Lifestyle

Lama waktu ideal untuk olahraga, 150 menit per minggu

Fimela.com, Jakarta Semua orang paham betapa pentingnya olahraga untuk kesehatan. Poin utamanya adalah menjaga kebugaran tubuh dan menjauhkan berbagai risiko penyakit. Sadar akan hal ini, faktanya tidak semua orang sempat olahraga, atau menjadikan olahraga sebagai angin lalu yang mungkin hanya dilakukan sebulan sekali atau jika sedang mood saja (sedang diet, misalnya).

Tidak sedikit yang menganggap olahraga melelahkan. Padahal sebenarnya rutinitas olahraga, soal banyak dan lamanya, ditentukan dari tujuan yang ingin dicapai. Normalnya yang kita tahu, olahraga setidaknya dilakukan selama 30 menit setiap hari. Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai hal tersebut.

U.S. Department of Health and Human Services menyarankan berolahraga dengan total waktu 150 menit dalam seminggu untuk olahraga intensitas sedang (jalan cepat atau berenang), dan 75 menit seminggu untuk olahraga intensitas tinggi (lari). Agar tak terasa berat, kita dapat membaginya menjadi beberapa sesi, misalnya 3-4 kali seminggu. Yang terpenting, dilakukan secara rutin agar memberikan hasil optimal.

Jika kita tak punya waktu berlama-lama untuk olahraga, misal 30 menit terasa lama, kita bisa pilih alternatif olahraga sesingkat kurang dari 10 menit. Studi yang dipublikasikan pada jurnal Preventive Medicine menjelaskan olahraga singkat selama 6 menit yang dilakukan dengan frekuensi sering dapat membuat badan bugar selayaknya olahraga 30 menit. Agar satu minggu dapat mencapai 150 menit, tentu kita harus memperbanyak sesi olahraga 6 menit tersebut dalam satu hari.

Jenis olahraga bisa kita tentukan sesuai selera. Selama kegiatan tersebut membuat napas tergopoh-gopoh, jantung berdetak cepat, dan mengeluarkan keringat, sudah dikategorikan sebagai olahraga. Bahkan jalan kaki dari rumah ke depan komplek perumahan bisa disebut olahraga. Olahraga tidak memberatkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Olahraga Bisa Jadi Salah Satu Pereda Depresi
Artikel Selanjutnya
Cegah Cedera, 3 Tips Meningkatkan Beban Saat Olahraga di Gym