Sukses

Lifestyle

Sejarah makanan khas Indonesia sate yang jadi makanan terenak di dunia

Fimela.com, Jakarta Makanan khas sate merupakan makanan yang bisa dengan mudah ditemukan di hampir semua wilayah di Indonesia. Sate dinilai sebagai makanan yang memiliki rasa enak, menggugah selera dan tidak bisa dengan mudah buat ditolak.

Kelezatan sate juga telah diakui dunia dengan menduduki peringkat ke 14 sebagai makanan terlezat di dunia versi bbc. Sate merupakan makanan yang dipercaya berasal dari Jawa. Sate sendiri bisa terbuat dari bermacam-macam daging mulai daging ayam, sapi, kambing hingga babi. Tapi, yang umum beredar di pasaran tetap sate ayam dan kambing.

Sejarah sate

Melansir dari laman greatnessindonesia.com, para pakar kuliner memperkirakan jika sate muncul di abad 19. Saat itu sate mulai populer di wilayah Jawa bersamaan dengan datangnya para pedangang dari Arab, India, China dan negara-negara lainnya.

Zaman dulu, masyarakat Indonesia memasak daging dengan cara direbus atau digoreng. Tapi, setelah mengetahui pedagang Arab memiliki makanan khas yakni kebab, masyarakat Indonesia mulai berinovasi membuat masakan daging dengan cara dibakar. Dari sinilah muncullah sate. Pakar kuliner menyebutkan jika kata sate berasal dari kata catai yang merupakan bahasa Tamil. Catai adalah masakan daging yang dibakar.

Perkembangan sate di wilayah Indonesia bahkan dunia

Karena memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dengan rasanya yang lezat dan aromanya yang harum, sate terus berkembang hingga berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia, sate juga tersebar luar hingga ke luar negeri.

Di Afrika Selatan sate disebut dengan nama sosatie. Sate juga menjadi makanan khas Indonesia yang mudah ditemukan di Malaysia, Singapura, Thailand dan beberapa negara lainnya karena banyak orang Indonesia khususnya Jawa yang merantau ke sana.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading