Sukses

Lifestyle

5 cara sehat untuk move on, sebab bersedih juga ada batasnya

Fimela.com, Jakarta Agar bisa move on ada banyak cara yang bisa dilakukan. Cuma kadang kita tak bisa move on karena tak sungguh-sungguh mencoba. Bahkan ktia seringkali malah tenggelam dalam kesedihan dan membuat hidup jadi makin merana.

Padahal ada banyak cara sehat yang bisa kita coba untuk move on, lho. Karena bersedih itu secukupnya saja, air mata juga ada saatnya akan mengering. Demi kesehatan tubuh dan pikiran, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa cepat move on. Seperti cara-cara berikut ini.

1. Menulis diari

Menulis bisa jadi terapi yang menyehatkan. Kalau tak punya tenaga untuk teriak atau marah-marah, coba luapkan semua dalam bentuk tulisan. Ungkapkan semua kekesalan yang ada dalam diri dengan tulisan. Lepaskan saja semua beban yang ada di dalam dada. Karena seringkali cara terbaik untuk bisa menyembuhkan rasa sakit hati adalah dengan jujur pada diri sendiri hingga akhirnya bisa melepas energi negatif yang ada di dalam dada.

2. Nikmati udara segar

Pergilah ke alam terbuka, lalu nikmati udara segar yang ada. Bisa ke gunung, ke pantai, atau sekadar jalan-jalan ke taman kota. Berada di tempat terbuka dengan udara segar sudah bisa membantu kita melepaskan rasa sesak di dalam dada. Kalau suka bersepeda atau trekking, bisa coba lakukan di alam terbuka. Fisik pun bisa lebih kuat dan kondisi hati serta pikiran juga bisa lebih stabil nantinya.

“Think about any attachments that are depleting your emotional reserves. Consider letting them go.” – Oprah Winfrey

3. Olahraga

Yup, coba paksakan diri untuk olaharga. Bisa dicoba dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga sederhana. Dikutip dari elitedaily.com, pendiri Miami Shrinks Erika Martinez, Psy.D. CDWF olahraga bisa meningkatkan produksi endorfin tubuh. Endorfin sendiri dikenal sebagai obat anti depresi alami dan bisa bantu meredakan rasa gelisah. Meski hanya olahraga ringan 10-20 menit, pikiran kita bisa terasa lebih jernih. Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa.

4. Meditasi

Patah hati atau putus cinta bisa mengganggu sistem saraf tubuh kita. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara meditasi. Latihan meditasi dan pernapasan pun bisa bantu meningkatkan sistem saraf parasimpatetik yang berperan penting dalam proses relaksasi tubuh. Coba lakukan 11 menit dulu. Setiap kali menarik napas bayangkan semua rasa sakit yang dirasa, lalu ketika menghembuskan napas bayangkan pada saat itu semua beban ikut terlepas.

5. Mendengarkan musik

Selalu ada lagu yang tepat untuk segala suasana hati. Baik itu saat sedang sedih, marah, bingung, atau berduka. Tak ada aturan khusus musik seperti apa yang pas untuk didengarkan agar cepat move on. Tinggal disesuaikan dengan mood dan karakter diri kita sendiri saja. Cerahkan harimu kembali dengan musik.

Setiap orang punya cara tersendiri dalam mengatasi patah hati dan agar cepat move on. Asal tidak menyakiti diri sendiri atau merugikan orang lain, kita bisa memilih cara apa saja yang paling pas untuk bisa kembali bahagia.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Sederhana Kembali Percaya Diri setelah Patah Hati
Artikel Selanjutnya
Ada Cahaya yang Redup saat Kita Kehilangan Seseorang untuk Selamanya