Sukses

Lifestyle

Bukan cuma enak, teh matcha ternyata juga menyehatkan

Fimela.com, Jakarta Matcha tea kini jadi salah satu minuman yang digemari. Kepopulerannya membuat muncul beragam varian dari teh matcha, di antaranya matcha shots, latte, bahkan berbagai dessert. Sebenarnya, apa itu matcha tea?

Matcha tea berasal dari daun, Camellia sinensis. Teh matcha merupakan bentuk lain dari teh hijau, namun diolah jadi bubuk dan memiliki rasa yang jauh lebih kuat dari teh biasa. Di Jepang dan Cina, matcha tea sudah jadi minuman andalan selama ratusun tahun lamanya.

Selain memiliki rasa yang pekat, rupanya teh matcha juga punya sederet manfaat yang bisa membuat peminumnya jauh lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari matcha tea:

1. Menetralisir dampak radikal bebas

Matcha tea sangat memiliki kandungan antioksidan alami yang sangat tinggi. Ketika bubuk matcha bercampur dengan air panas, teh tersebut akan melepaskan segala kandungannya, termasuk antioksidan.

2. Menjaga jantung

Minum matcha tea dapat menjagamu dari penyakit jantung yang menjadi penyebab kematian paling tinggi di dunia. Matcha tea dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dam trigliserida dan juga mencegah oksidasi kolesterol LDL.

3. Menjaga fungsi hati

Peran hati adalah kunci dari keluarnya racun dan diprosesnya nutrisi dalam tubuh. Minum matcha tea akan melindungi hati dari lemak, juga menurunkan enzim, sebab enzim yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

4. Mencegah kanker

Teh matcha mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sejenis catechin dan polifenol, antioksidan lain yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Ini dikenal untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker prostat, kulit, paru-paru dan hati.

Selain keempat manfaat yang telah dijabarkan di atas, matcha tea juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak, membuat gigi tetap sehat, sampai menurunkan berat badan. Banyak banget, kan, ternyata manfaat dari matcha tea ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading