Sukses

Lifestyle

Asal kentang goreng, camilan super lezat yang terkenal di seluruh dunia

Fimela.com, Jakarta French fries atau kentang goreng merupakan camilan yang populer di berbagai negara di dunia. Kentang goreng juga menjadi salah satu camilan terlezat yang pernah ada. Disajikan saat masih hangat dengan bumbu lada garam yang gurih atau saus tomat, siapapun tentu tak akan kuasa menolak kelezatannya.

Ngomongin soal kentang goreng, melansir dari laman food.ndtv.com, camilan super populer ini diklaim berasal dari banyak negara di dunia. Sejauh ini, masih sering muncul perdebatan perihal di negara mana kentang goreng pertama muncul.

Menilik dari sejarahnya, Perancis, Belgia dan Spanyol sama-sama mengklaim jika kentang goreng berasal dari negara mereka. Di Perancis, kentang goreng pertama kali dijual pada tahun 1789 oleh seorang penjaja makanan kaki lima di jembatan Pont Neuf. Namun, dalam beberapa catatan sejarah menyebutkan jika kentang goreng berasal dari Belgia karena masyarakat Belgia di zaman dulu sudah lebih dulu mengenal kentang goreng.

Dulu, di Belgia kentang umumnya dimasak dengan cara direbus. Tapi, suatu hari kentang dimasak dengan cara berbeda yakni digoreng. Kentang goreng ini rupanya disukai banyak orang bahkan para tentara luar negeri yang berada di Belgia. Berbeda dengan orang Spanyol, mereka mengklaim kentang goreng berasal dari negara mereka mengingat kentang pertama kali di kenal di daratan Eropa oleh masyarakat Spanyol.

Pada tahun 1950, perusahaan makanan cepat saji asal Amerika menciptakan kentang goreng yang lezat dan bisa disimpan dalam waktu lama. Dari sinilah, kepopuleran kentang goreng semakin menjadi-jadi hingga ke seluruh dunia.

Sejauh ini, kentang goreng sendiri ada bermacam-macam. Ada kentang goreng yang memiliki tekstur kering dan renyah. Ada pula kentang goreng yang cukup basah atau lembab serta empuk. Kentang goreng bisa disajikan dengan beragam saus mulai dari saus tomat, saus sambal, mayonaise, keju atau bumbu bubuk aneka rasa.

Itulah sejarah makanan kentang goreng yang terkenal hingga seluruh dunia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading