Sukses

Lifestyle

Agar gorengan tidak terlalu berminyak, berikut tips mudahnya

Fimela.com, Jakarta Gorengan memang camilan yang cocok dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja. Gorengan yang renyah dan kriuk pun jadi yang paling digemari. Hanya saja kalau gorengannya terlalu berminyak, rasanya pun jadi kurang enak lagi.

Agar gorengan tidak terlalu berminyak, ada beberapa tips yang bisa langsung kita coba. Tips-tips berikut ini pun bisa langsung diikuti. Demi bisa menikmati gorengan yang renyah tanpa minyak yang berlebihan, sebenarnya caranya tidak terlalu sulit.

1. Pakai minyak baru

Kalau memakai minyak lama dan sudah berwarna gelap, nanti hasil gorengannya jadi kurang sempurna. Memang disarankan untuk memakai minyak baru untuk membuat gorengan. Tapi selama kualitas minyak masih jernih, masih bisa dan boleh saja digunakan untuk mematangkan gorengan.

2. Dengan api kecil, siapkan minyak sampai benar-benar panas

Minyak dipanaskan dengan api kecil. Memang akan butuh waktu yang agak lama, tapi dengan cara ini nantinya bisa menghasilkan panas yang merata. Sehingga saat dipakai untuk menggoreng, hasil gorengan bisa matang sempurna.

3. Encerkan adonan dengan air berkarbonasi

Cara ini bisa jadi salah satu alternatif untuk membuat gorengan yang renyah dan tidak terlalu berminyak. Encerkan adonan dengan air soda atau air berkarbonasi. Air jenis ini punya gelembung yang bisa membantu menghambat proses penyerapan minyak berlebih.

4. Tambahkan baking soda pada adonan

Ini alternatif lain bila tidak memiliki air berkarbonasi untuk dicampurkan ke adonan. Baking soda bisa ditambahkan pada adonan tepung untuk membuat gorengan terasa lebih garing dan renyah. Selama tidak digunakan berlebihan, baking soda tidak akan mempengaruhi rasa atau menurunkan kualitas rasa. Bisa pakai 1/4 sdt baking soda saja untuk satu baskom adonan gorengan.

5. Goreng satu per satu

Jangan memasukkan semua gorengan sekaligus dalam satu wajan. Terlalu banyak muatan dalam wajan bisa menurunkan suhu minyak. Sehingga membuat gorengan menyerap minyak berlebihan. Masukkan gorengan satu per satu dan jangan sampai terlalu penuh di penggorengan agar matangnya bisa merata.

6. Tiriskan dengan bantuan kertas resap

Kertas resep atau kertas tisu makan bisa digunakan untuk meniriskan gorengan agar tidak terlalu berminyak. Letakkan gorengan pada kertas resap selama beberapa menit sebelum dinikmati.

Cara-cara di atas adalah cara paling dasar dan mudah untuk mencegah agar gorengan tidak terlalu berminyak. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

;
Loading