Sukses

Lifestyle

Cara membuat saus telur asin yang enak dan tidak amis

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat saus telur asin yang enak dan tidak amis? Bisa banget. Untuk menyempurnakan berbagai jenis hidangan, kita bisa membuat saus telur asin dengan bahan-bahan pilihan.

Saus telur asin memang bisa disandingkan dengan berbagai kudapan dan olahan lezat. Bisa dipakai untuk cocolan aneka camilan hingga dicampurkan dengan berbagai olahan lezat daging ayam dan sebagainya. Kalau ingin membuat saus telur asin sendiri di rumah yang enak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

1. Pakai bagian kuning telur saja

Siapkan telur asin matang, lalu ambil bagian kuningnya saja. Hati-hati, jangan sampai bagian putihnya ikut terbawa. Karena salah satu kunci utama bisa membuat saus telur asin yang lembut dan enak, pastikan hanya bagian kuning telurnya saja yang dipakai.

2. Kuning telur dilumatkan sampai benar-benar halus

Kita bisa pakai blender untuk melumatkan kuning telur asin ini. Tapi kalau tidak ada blender, bisa langsng pakai sendok untuk melumatkan kuning telur asin ini. Lumatkan sampai benar-benar halus dan lembut. Demi mendapatkan tekstur creamy pada saus yang ingin kita buat, kuning telur harus dalam keadaan benar-benar halus.

3. Gunakan mentega tawar sebagai pengganti minyak

Untuk menghasilkan saus telur asin dengan aroma sedap, kita bisa pakai mentega tawar. Tak perlu pakai minyak. Berikut ada resep yang bisa kita pakai untuk membuat saus telur asin yang enak.

  • 4 kuning telur asin, dilumatkan
  • 2 sdm susu full cream
  • 2 siung bawang putih, digeprek lalu dirajang
  • 1 sdm mentega
  • 5 lembar daun kari (daun salam koja)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • air secukupnya

Kita bisa langsung menumis bawang putih dan mentega sampai harum. Lalu masukkan daun kari. Taburkan garam, lada, dan kaldu bubuk, kemudian aduk sampai rata. Tumis sampai harum

4. Masak dan aduk hingga berbusa

Setelah tumisan harum, kita bisa langsung memasukkan kuning telur asin. Masak dengan api kecil saja, lalu aduk terus hingga berbusa. Tekstur saus telur asin yang lembut bisa diperoleh bila dalam proses memasaknya diaduk sampai berbusa. Susu full cram bisa dimasukkan terakhir. Tuang susu sedikit demi sedikit untuk mendapat kekentalan saus yang kita inginkan. Jika ingin tekstur susu yang lebih cair, bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit.

Saus telur asin bisa disimpan di dalam wadah kedap udara lalu dimasukkan dalam kulkas. Kalau ingin menghangatkannya kembali, kita bisa mencairkannya dengan mentega tawar secukupnya. Kita juga bisa menambahkan irisan daun bawang untuk taburan.

Sekarang saatnya untuk langsung mengikuti tips dan cara membuat saus telur asin yang enak dan tidak amis ini. Semoga berhasil, ya. Saus asin telur asin bikinan sendiri pastinya lebih enak.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading