Sukses

Lifestyle

Cara menghilangkan bau tanah pada ikan

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapatkan ikan yang bau tanah atau bau lumpur? Ikan yang bau tanah memang kurang sedap ketika diolah. Rasa bumbu yang bercampur dengan aroma lumpur jadi merusak cita rasa makanan.

Ikan air tawar biasanya tumbuh di lingkungan yang berlumpur. Bakteri dan alga hijau yang ada di lingkungan tersebut bisa membuat ikan jadi beraroma tanah dan lumpur. Untuk menghilangkan bau tanah pada ikan ini cukup tricky, tapi bisa kita coba lakukan dengan cara-cara berikut ini.

1. Buang isi perut dan jeroan ikan

Ikan harus dalam keadaan benar-benar bersih untuk melenyapkan bau tanah dan lumpur. Buang isi perut dan jeroan ikan. Gunakan pisau yang benar-benar tajam untuk memudahkan proses pembersihan ini.

2. Cuci dengan air mengalir

Saat membersihkan isi jeroan dan mencuci ikan, gunakan air kran atau air mengalir. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran tidak makin menumpuk di daging ikan.

3. Lumuri ikan dengan garam

Garam bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau tanah ikan. Bisa pakai garam kasar untuk mengikat bau tanah dan bau lumpur pada ikan. Tinggal lumuri ikan yang sudah dibersihkan dengan garam secukupnya. Kemudian diamkan sekitar 1 jam atau lebih. Setelah itu kita bisa membilas dan mencucinya lagi dengan air mengalir sampai bersih.

4. Menggunakan larutan cuka

Selain garam, larutan cuka juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau tanah pada ikan. Cuka bisa berfungsi untuk menghilangkah bau dan bakteri pada ikan. Rendam ikan dalam larutan cuka selama 15-20 menit. Setelah tidak berbau, bilas ikan sampai bersih dan bebas dari asam cuka.

5. Menggunakan susu

Ini adalah alternatif lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan bau tanah atau lumpur pada ikan. Setelah ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya, kita bisa merendamnya dalam susu selama sekitar satu jam. Selain bisa menetralkan bau, susu di sini bisa membuat ikan jadi terasa lebih gurih saat diolah.

6. Menggunakan aneka rempah

Jahe, bawang putih, kunyit, dan garam bisa kita haluskan untuk kemudian dibalurkan ke tubuh ikan yang sudah dibersihkan. Marinasi ikan selama sekitar 30 menit, lalu bisa dicuci sampai bersih. Atau kalau dirasa bau tanah dan bau lumpur sudah lenyap, bisa langsung kita olah sesuai selera.

Menghilangkan bau tanah dan bau lumpur kadang memang bikin pusing. Selai menggunakan aneka bumbu dan bahan dapur untuk menghilangkan bau, kita bisa mengakalinya dengan cara pengolahannya. Membakar atau memanggang ikan bisa membuat bau tanah atau bau lumpur ikan lenyap.

Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya. Selamat memasak!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading