Sukses

Lifestyle

6 Makanan yahud untuk memperbaiki pencernaan bonus meratakan perut

Fimela.com, Jakarta Makanan yang difermentasi memiliki kekuatan untuk memperbaiki segala asupan yang telah diurai dan dihancurkan dalam sistem pencernaanmu. Makanan fermentasi pun dinobatkan sebagai obat baru untuk sistem pencernaan yang kaya probiotik dalam berbagai penelitian di Amerika beberapa tahun terakhir.

Berikut ini enam rekomendasi makanan fermentasi untuk mendapatkan pencernaan yang lebih baik bonus meratakan perut seperti melansir byrdie.com, Senin (5/11);

1. Kefir

Tidak familiar dengan kefir? Kefir adalah produk susu fermentasi (sapi, kambing, atau domba) yang bisa diminum seperti yogurt. Kefir dan yogurt kaya kalsium dan magnesium, serta enzim dan probiotik.

"Saat dikonsumsi teratur, produk tersebut bisa menyembuhkan dan mengetahui target usus yang harus diperbaiki. Seperti peradangan saluran cerna kronik, tumbuhnya ragi dalam saluran pencernaan, dan pencernaan yang buruk," ujar CEO Social Nature Annalea Krebs.

Disarankan untuk mencari produk yogurt yang berasal dari sapi pemakan rumput organik serta kadar yang rendah gula. Seperti yogurt Islandia, yogurt Yunani, dan kefir organik.

2. Kombucha

Tidak, kombucha bukan hanya minuman yang sedang hype untuk kesehatan. Terbuat dari teh hitam dan gula (biasanya gula tebu atau madu) yang difermentasi .

"Setelah fermentasi, kombucha menjadi berkarbon dan menyediakan koloni bakteri kaya. Bersama vitamin B, enzim, dan probiotik," ujar Krebs.

Ada lusinan merek kombucha tersedia, tetaplah memilih dengan bahan-bahan organik. Krebs merekomendasi merek dari Health-Ade yang bisa dibeli di swalayan atau online.

Kimchi dan suplemen probiotik

3. Kimchi

Kimchi adalah hidangan Korea yang terbuat dari kombinasi sayuran. Di antaranya kubis dengan rempah dan bumbu.

"Karena tingkat antioksidan dan probiotik yang tinggi, kimchi dianggap sebagai makanan yang ramah usus dan makanan pelawan kanker," jelas Krebs.

Cara memakan kimchi terbaik adalah dalam keadaan sedang berfermentasi yang memungkinkan untuk mendapatkan nutrisi tinggi. Sementara cara favorit untuk makan kimchi adalah dalam mangkuk tumis atau ramen.

4. Suplemen probiotik

Menurut Krebs bubuk protein dan bar yang difermentasi relatif menjadi produk baru. Ia pun berharap mendapatkan banyak manfaat dari suplemen probiotik.

"Manfaat dari suplemen nabati adalah menyediakan probiotik dan protein tanpa memperparah kondisi seseorang yang intoleransi laktosa," tambah Krebs.

Pastikan utnuk mencari produk yang rendah gula dan gluten.

 

tempe dan wine

5. Tempe

Kalau makanan satu ini pasti mudah ditemui dalam sajian sehari-hari. Makanan yang punya banyak manfaat dan serbaguna ini terbuat dari kedelai yang difermentasi.

Terlepas dari kontroversi seputar kedelai, sebagian ahli gizi setuju jika dimakan dalam jumlah cukup, tempe menjadi bagian penting dalam diet sehat.

6. Wine

Krebs tidak merekomendasikan minum wine berlebihan setiap malam. Tetapi ada ruang untuk alkohol dalam kehidupan seseorang dengan pencernaan yang baik. Bagaimana bisa?

"Dalam beberapa kasus minuman beralkohol, sintesis vitamin B adalah bagian dari proses fermentasi. Berarti empat ons wine beberapa kali dalam seminggu menyediakan mikrodose vitamin B penting di samping manfaat probiotik," tutup Krebs.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Memasak Makanan Agar Tak Kehilangan Nutrisi
Artikel Selanjutnya
Benarkah Makan Makanan Tertentu Bisa Buatmu Cepat Hamil?