Sukses

Lifestyle

Tips Menggunakan Kecap agar Masakan Lebih Nikmat

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang suka dan sangat menggemari kecap? Olahan atau hidangan yang menggunakan kecap memang memiliki rasanya yang khas sendiri. Tapi kalau cara menggunakan atua mengolahnya kurang tepat, rasa masakan bisa kurang sedap.

Untuk menghasilkan masakan yang lebih nikmat pakai kecap, ada beberapa hal dan tips yang perlu diperhatikan. Selengkapnya, langsung saja ikuti infonya di sini ya.

1. Masak dengan api kecil

Saat kecap ditambahkan pada olahan tumisan atau sayur, masak dengan api kecil. Dengan begini, kecap bisa meresap lebih sempurna. Hidangan pun jadi tak cepat gosong.

2. Tambahkan kecap sebelum garam

Ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Tapi kalau ingin bisa menghasilkan masakan yang pas di lidah kita, kita bisa menambahkan kecap dulu sebelum garam. Karena rasa manis dari kecap akan memberi rasa tersendiri pada makanan. Bila garam sudah lebih dulu ditambahkan sebelum dikecapi, nantinya akan cukup menyulitkan kita saat melakukan koreksi rasa.

3. Untuk nasi goreng atau mi goreng, kecap bisa dibubuhkan terakhir

Ketika memasak mi goreng atau nasi goreng, kita bisa membubuhkan kecap terakhir saja. Dengan begini warna hidangan akan lebih cantik karena kecap bisa terkaramel lebih sempurna dan tidak terlalu gosong. Dan gunakan api kecil ya agar tidak mi atau nasi goreng tidak lengket.

4. Pilih kecap yang kental dengan warna coklat kehitaman

Kecap yang berkualitas bagus biasanya akan memiliki tekstur kental dengan warna coklat kehitaman. Rasanya pun tidak getir. Dengan memakai kecap berkualitas terbaik akan sangat memudahkan kita mengolah dan menciptakan hidangan yang lezat.

Kecap yang terbuat dari kedelai ini memang bisa jadi penyelamat aneka masakan agar bisa lebih sedap. Dengan penggunaan yang tepat, kita bisa membuat aneka hidangan yang lebih nikmat pakai kecap.

Artikel Selanjutnya
5 Jenis Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak
Artikel Selanjutnya
Cara Menyimpan Sayur Seledri Agar Awet Segar dan Harum