Sukses

Lifestyle

Cara menghilangkan kerak gosong pada panci tanpa sabun

Fimela.com, Jakarta Kerak gosong pada panci dan wajan memang cukup sulit untuk dihilangkan. Apalagi kalau keraknya sudah menebal, akan sangat sulit dibersihkan atau dihilangkan dengan sabun. Tapi tenang saja, ada alternatif lain yang bisa dicoba tanpa harus menggunakan sabun.

Kita bisa menggunakan sejumlah bahan tertentu untuk mengatasi masalah ini. Untuk selengkapnya, langsung saja ikuti sejumlah tips dan cara yang bisa langsung dicoba di bawah ini.

Pakai soda kue

Siapkan air panas yang baru mendidih. Lalu tambahkan 1 sdm soda kue. Gunakan larutan tersebut untuk merendam panci yang berkerak. Bisa direndma sampai semalaman agar keraknya nanti bisa langsung mudah dibersihkan.

Pakai cuka

Larutkan air panas dengan cuka secukupnya. Lalu gunakan untuk merendam panci yang berkerak selama beberapa jam. Nanti kerak atau jelaga akan melunak dengan sendirinya sehingga lebih mudah dibersihkan. Oh iya, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kita bisa mencampurkan cuka dan soda kue bersamaan untuk dilarutkan dengan air yang digunakan untuk merendam panci.

Pakai minuman bersoda

Kalau kerak atau gosong ada di bagian dalam panci, kita bisa mencoba menuangkan air bersoda ke dalamnya. Kemudian direbus dengan api kecil. Nanti kerak akan lebih mudah dibersihkan setelah direbus selama beberapa menit

Pakai minyak goreng

Kita juga bisa pakai minyak goreng untuk mengatasi panci berkerak. Tinggal tuang minyak goreng secukupnya ke dalam panci (bisa pakai minyak goreng bekas), lalu diamkan sekitar 2 jam. Baru setelah itu gosok bagian keraknya dengan spatula kayu.

Gunakan sabut kelapa

Kalau ada sabut kelapa, bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kerak panci atau wajan. Gosok kerak dengan sabut secara perlahan untuk melunturkan keraknya.

Beberapa cara bisa digunakan untuk mengatasi kerak panci yang membandel. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kita, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading