Sukses

Lifestyle

Asal Mula Keripik Kentang, Dibuat Karena Ketidaksengajaan!

Fimela.com, Jakarta Keripik kentang merupakan camilan yang disukai oleh hampir semua orang di dunia. Keripik kentang bahkan telah terdaftar sebagai satu dari 100 makanan terenak di dunia. Bicara mengenai keripik kentang, camilan ini memiliki rasa yang khas. Camilan ini ternyata juga tercipta dengan awal mula yang begitu menarik.

Melansir dari laman briliocious.brilio.net, keripik kentang dibuat atas ketidaksengajaan seorang koki asal New York, Amerika Serikat yakni George Crum.

2 dari 3 halaman

Keripik kentang pertama dibuat tahun 1853

George merupakan seorang koki kelahiran tanggal 15 Juli 1824. Ia adalah seorang pria yang bekerja sebagai koki di sebuah restoran mewah di New York. Di tempatnya bekerja, kentang goreng ala Perancis menjadi menu andalan.

Suatu hari tepatnya di tahun 1853, seorang tamu yang ingin merasakan kelezatan kentang goreng tempat George bekerja meminta dibuatkan kentang goreng paling enak. Kentang goreng pun dibuat, George memotong kentang secara tebal, memberinya bumbu kemudian menggorengnya di dalam minyak panas hingga matang. Kentang yang sudah matang kemudian disajikan ke tamunya tersebut.

Saat merasakan kentang goreng buatan George, si tamu mengatakan jika kentang buatannya terlalu tebal dan tidak enak. George kemudian menipiskan irisan kentangnya dan membuat sajian kentang goreng baru ke tamu itu. Lagi-lagi, si tamu mengatakan kentang gorengnya terlalu tebal. Hingga pada akhirnya, George berhasil menipiskan kentangnya setipis mungkin dan menggorengnya hingga garing serta renyah. Si tamu akhirnya mengatakan ia suka dengan kentang goreng garing dan renyah tersebut. Tamu itu mengatakan ia puas dengan sajian yang diberikan George.

3 dari 3 halaman

Tahun 1895 keripik kentang mulai dijual dalam kemasan

Sejak seorang tamu George puas dengan kentang goreng atau keripik kentang buatannya, keripik kentang menjadi menu andalan di mana George bekerja. Keripik ini awalnya diberi nama keri[ik Saratoga.

Tahun 1860, George memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan membuka restorannya sendiri. Keripik buatannya semakin disukai banyak orang. Dan tahun 1895, seorang bernama William Tappendon mulai menjual keripik kentang dalam kemasan kedap udara. Dari sinilah, perkembangan keripik kentang semakin baik.

Tak hanya disukai di New York dan kota-kota sekitarnya, keripik kentang juga mulai tersebar hingga ke berbagai belahan dunia lainnya. Kini, keripik kentang bahkan menjadi makanan favorit di seluruh dunia untuk semua kalangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Asal kentang goreng, camilan super lezat yang terkenal di seluruh dunia
Artikel Selanjutnya
Filosofi kenapa jadah dan jenang jadi kue penting di acara pernikahan Jawa