Sukses

Lifestyle

7 Sambal Khas Nusantara Paling Populer dan Bikin Nagih

Fimela.com, Jakarta Sambal menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Meski rasanya pedas, sambal selalu menjadi makanan favorit dan tak bisa dilewatkan untuk disajikan di meja makan. Bicara mengenai sambal, Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan varian sambal yang beraneka ragam.

Setiap daerah memiliki ragam masakan dan sambal yang berbeda-beda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Perbedaan tersebut bisa berasal dari rasa, bahan untuk membuat sambal dan cara mengolah sambal. Inilah sedikitnya 7 jenis sambal paling populer di Nusantara yang enaknya keterlaluan dan bikin nagih.

1. Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan sambal yang terbuat dari cabai, bawang putih, garam dan sedikit minyak panas. Meski sangat sederhana, sambal yang bisa kita jumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia ini memiliki cita rasa khas dan pedas mantap. Sambal bawang adalah sambal paling populer dan banyak disajikan di rumah makan sederhana hingga restoran ternama di Indonesia.

2. Sambal Kacang

Sambal yang paling populer selanjutnya ada sambal kacang. Sambal kacang biasa disajikan sebagai bumbu sate, bumbu pecel, bumbu gado-gado dan masakan khas Nusantara lainnya. Beberapa kota yang terkenal dengan sambal kacangnya antara lain adalah Madiun dan Blitar, Jawa Timur.

2 dari 3 halaman

Sambal Matah

3. Sambal Matah

Sambal matah merupakan sambal yang berasal dari Bali. Sambal matah terbuat dari bahan-bahan mentah seperti cabai, bawang putih, irisan tomat, daun jeruk cincang, bawang merah, batang serai dan sedikit garam. Sambal matah kemudian disiram dengan minyak panas, kemudian disajikan bersama makanan lhas pulau Dewata seperti sate lilit, ayam betutu juga ikan bakar.

4. Sambal Terasi

Sambal paling populer dan memiliki banyak penggemar selanjutnya ada sambal terasi. Memiliki aroma dan cita rasa yang khas, menjadikan sambal terasi sangat cocok disajikan bersama masakan lain seperti tahu, tempe, ayam, bebek dan ikan goreng. Hampir sama dengan sambal bawang, sambal terasi bisa ditemukan di berbagai daerah di Nusantara.

5. Sambal Dabu-Dabu

Sambal asal Manado, Sulawesi Utara ini memiliki rasa yang pedas segar. Hampir sama dengan sambal matah, sambal dabu-dabu hanya berupa potongan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau yang kemudian disiram dengan perasan air jeruk nipis dan disiram dengan sedikit minyak panas.

3 dari 3 halaman

Sambal Bajak

6. Sambal Cabai Ijo

Saat kita makan di rumah makan padang, kita pasti akan menemukan sambal yang satu ini. Ya, sambal cabai ijo merupakan sambal khas Padang. Bahan untuk membuat sambal cabai ijo adalah cabai hijau besar, tomat hijau, bawang merah, bawang putih dan minyak panas. Meski rasanya tidak terlalu pedas, sambal cabai ijo selalu berhasil bikin penikmatnya ingin terus tambah.

7. Sambal Bajak

Sambal bajak merupakan sambal yang banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah. Sambal bajak memiliki rasa agak manis sehingga sangat cocok dijadikan teman makan gorengan. Bahan untuk membuat sambal bajak adalah cabai merah besar, bawang merah, bawang putih dan tomat yang dihaluskan kemudian ditumis hingga matang. Agar rasanya makin nikmat, jangan lupa menambahkan garam dan gula ke dalam tumisan sambal.

Itulah sedikitnya 7 sambal paling populer di Nusantara. Selain sambal di atas, ada sambal lain yang tak kalah populer. Sambal tersebut antara lain sambal mangga, sambal roa, sambal korek, sambal tomat, sambal serai, sambal kecap, sambal petai, sambal teri, sambal udang rebon dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak sambal yang ada, mana nih yang jadi kesukaanmu?

Artikel Selanjutnya
7 Masakan khas Nusantara berbahan dasar ayam yang enaknya kebangetan
Artikel Selanjutnya
Ruang Rasa, ruang icip kudapan nusantara di Brightspot