Sukses

Lifestyle

Dari Kesehatan Sampai Kecantikan, Ini Sederet Manfaat Minyak Zaitun

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun bukan lagi hal baru dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaannya sudah jadi sesuatu yang umum, baik untuk memasak maupun merawat kulit.

Ya, minyak zaitun memang memiliki banyak kebaikan yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Minyak zaitun, terutama yang murni, sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, otak, sendi, kulit dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sederet manfaat minyak zaitun sebagaimana dilansir Fimela dari HealthLine.

1. Mengurangi risiko kanker

Minyak zaitun didominasi oleh lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Menurut penelitian, asam oleat ampuh mengurangi peradangan dan memiliki efek baik langsung terhadap gen terkait kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

2. Mencegah stroke

Stroke disebabkan oleh adanya gangguan peredaran darah menuju otak, baik karena pembekuan maupun pendarahan. Kandungan lemak omega 9, 6, dan 3 dalam minyak zaitun berguna untuk melancarkan peredaran darah. Manfaat minyak zaitun lainnya yakni mengontrol tekanan darah dengan kandungan lemak tak jenuh di dalamnya.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Teman diet yang baik

Jika biasanya mengonsumsi lemak akan berdampak signifikan dalam penambahan berat badan, tidak demikian jika lemaknya tak jenuh seperti yang terdapat dalam minyak zaitun. Sebuah studi yang melibatkan 7.000 pelajar di Spanyol dan berlangsung selama 30 bulan, telah menunjukkan bahwa mengonsumsi olive oil tidak berpengaruh terhadap pertambahan berat badan.

4. Mengurangi risiko diabetes

Beberapa studi telah membuktikan kaitan positif antara minyak zaitun dan gula darah serta sensitivitas insulin. Mengonsumsi minyak zaitun dikombinasikan dengan Mediterranean diet mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sampai 40%.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Melembapkan kulit dan rambut

Minyak zaitun sudah cukup populer sebagai pelembap alami. Ia dapat melembutkan kulit dan rambut karena banyak mengandung vitamin, antara lain A, D, E, dan K. Lebih dari itu, minyak zaitun juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti psoriasis dan eczema.

6. Membuat kulit awet muda

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk beregenerasi. Antioksidan juga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Dengan supply antioksidan yang cukup, proses regenerasi berjalan lancar, wajah terhindar dari kusam dan elastisitas kulit pun terjaga sehingga membuatnya selalu awet muda.

Artikel Selanjutnya
Mengungkap Manfaat Baik Minyak Zaitun untuk Rambut
Artikel Selanjutnya
Minyak zaitun bukan pengganti minyak goreng!