Sukses

Lifestyle

Agar Beras Tak Ditumbuhi Kutu dan Jamur, Ini Tips Mudahnya

Fimela.com, Jakarta Setiap ibu pasti bakal berbelanja semua bahan keperluan saat gajian. Dengan menyetok bahan-bahan ini tentu akan lebih praktis dan tak perlu bolak-balik membeli. Salah satu bahan yang dibeli dalam jumlah besar adalah beras. Nah, beras yang disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama apabila kurang diperhatikan kebersihannya bisa ditumbuhi jamur dan juga kutu.

Kualitas beras jelas akan berubah saat ada jamur atau kutu yang bersarang di situ. Beras yang sudah berkutu dan berjamur tidak lagi memiliki rasa yang pulen saat selesai dimasak, bahkan cenderung berbau. Lalu, bagaimana cara menyimpan beras yang benar agar bebas kutu dan juga jamur?

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun pandan. Meletakkan daun pandan di beras akan mencegah timbulnya kutu dan juga jamur.

Selain itu daun jeruk purut juga bisa dimanfaatkan. Daun yang punya wangi khas ini sangat efektif dalam mengusir kutu beras. Caranya adalah tumbuk kurang lebih 50 gram daun jeruk purut. Setelah itu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma dari daun jeruk ini akan membuat kutu tak betah berlama-lama di dalamnya.

Artikel Selanjutnya
Tips Kupas Kentang dengan Cara Super Mudah
Artikel Selanjutnya
Cara memasak daun singkong agar tetap hijau dan tidak pahit