Sukses

Lifestyle

Kekuatan Terbesar Angun C Sasmi Selama Berkarier Go International

Fimela.com, Jakarta Nama Anggun C. Sasmi sudah begitu dikenal banyak orang, khususnya bagi pecinta musik. Karier Anggun begitu cemerlang di panggung musik nasional. Anggun C. Sasmi telah membuktikan pilihannya untuk konsisten go international lewat prestasinya di kancah internasional dengan hijrah ke Paris, Prancis.

Kesuksesan Anggun di luar negeri bukanlah tanpa perjuangan. Dalam Indonesia Women's Forum yang bertajuk "The Future of Work", penyanyi 44 tahun ini mengungkapkan awal mula ia berkarya di kancah internasional.

Di mana ia mulai merasa nyaman dengan Indonesia. Kala itu, ia ingat cerita sang ayah, jika seniman merasakan kenyamanan artinya menjadi salah satu tanda kematian seni.

"Sebenarnya kita tidak boleh cepat merasa puas. Karena kalau sudah nyaman kita tidak bisa mempertanyakan diri sendiri tentang pekerjaan kita. Itulah yang membuat saya pindah dari Indonesia," ujar Anggun C. Sasmi.

Akhirnya Anggun C. Sasmi menjajal karier di Inggris namun gagal. Kemudian ia berencana merintis karier di Belanda karena banyak orang Indonesia. Namun ternyata ia mampir ke Paris dan justru mendapat tawaran kontrak di sana.

 

2 dari 2 halaman

Tidak pernah lupa Indonesia

Berlanjut sukses menjadi penyanyi di Eropa dan Amerika, rupanya Anggun tidak melupakan Indonesia. Justru, ia membawa identitas ke-Indoensia-annya selama berkarier. Inilah yang membuatnya sukses dan dikenal sebagai penyanyi hebat di panggung dunia.

"Tidak banyak penyanyi Indonesia, penyanyi Asia di Eropa dan Amerika. Saya sebagai orang Indonesia menunjukkan ke-Indonesia-an saya sebagai identitas. Kalau mau membuat posisi, jadilah diri sendiri. Sebagus apa pun orang lain, tetap jadi dirinya. Jangan pernah lupakan kekuatan diri sendiri," ujar Anggun.

Meski kini ia menetap di Prancis, Anggun C. Sasmi tetap mengajarkan sang anak untuk bisa berbahasa Indonesia. Hingga kini, meski sang anak lebih dekat dengan kehidupan di Prancis, ia bisa berbicara bahasa Indonesia dengan fasih.

Artikel Selanjutnya
Najwa Shihab Ajak Perempuan Ubah Kebiasaan untuk Dapat Kesetaraan