Sukses

Lifestyle

3 Jenis Bawang yang Umum Ditemukan Sebagai Bumbu Masakan

Fimela.com, Jakarta Bawang merupakan bumbu dapur yang biasa ditemukan di dapur. Bawang menjadi salah satu bumbu masakan wajib untuk setiap masakan. Selain menambah rasa sedap pada setiap masakan, bawang juga memberi aroma wangi pada setiap masakan.

Bicara mengenai bawang, melansir dari laman foodnetwork.com, yang namanya bawang di luar negeri hanya merujuk pada bawang merah dan bawang bombay. Tapi jika di Indonesia, bawang juga merujuk pada bawang putih serta bawang daun. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis bawang yang umum ditemukan sebagai bumbu masakan ini, simak yang berikut ini.

Onion

Onion merujuk pada beberapa jenis bawang. Bawang yang masuk dalam kategori onion sendiri adalah sweet onion (bawang bombay manis), shallot (bawang merah), yellow onion (bawang bombay kuning), white onion (bawang bombay putih) dan red onion (bawang bombay merah). Di antara banyaknya bawang ini, bawang yang paling sering kita gunakan untuk memasak adalah shallot atau bawang merah.

Bawang Putih

Garlic

Jenis bawang selanjutnya adalah garlic atau bawang putih. Umumnya, bawang putih akan digunakan memasak bersama bawang merah. Tak hanya sebagai bumbu masak, bawang putih juga memiliki segudang manfaat lain seperti sebagai obat, bahan kecantikan alami dan masih banyak lagi. Dibandingkan onion, garlic memiliki aroma yang lebih menyengat.

Scalion/Green Onion/Spring Onion (Bawang Daun)

Berbeda dari jenis bawang sebelumnya, bawang daun memiliki bentuk daun memanjang yang lancip di bagian ujungnya dan teksturnya cukup tebal, renyah dan segar. Di bagian akar bawang daun putih sedangkan di bagian daunnya hijau hijau. Biasanya bawang daun dimanfaatkan sebagai bumbu sop, dicincang halus untuk bumbu telur dadar, atau sebagai bumbu masakan mie.

Itulah sedikitnya tiga jenis bawang yang umum ditemukan sebagai bumbu masakan. Dari beberapa jenis bawang yang ada, mana nih kesukaanmu?

;
Loading