Sukses

Lifestyle

Waspada, Minuman Ini Dapat Membuat Ginjal Anak Terganggu

Fimela.com, Jakarta Minuman kemasan memang banyak beredar di pasaran. Tentu saja mudah dijangkau oleh anak-anak.

Namun, orangtua harus berhati-hati sebab beberapa jenis minuman kemasan, khususnya minuman berenergi dapat menyebabkan gangguan ginjal pada anak.

Menurut UKK Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayat SpA(K) mengatakan minuman berenergi mengandung asam amino yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.

"Minuman yang langsung berbahaya ke ginjal yaitu dengan kandungan asam amino atau protein. Biasanya minuman ini khusus untuk membangun otot," ujar saat ditemui di Gedung Kemenkes RI, Selasa (13/11).

Menurut dr. Eka minuman berenergi jika dikonsumsi jangka panjang akan berdampak gagal ginjal.

“Minuman yang ada proteinnya bisa membahayakan jika diminum secara rutin. Memang ginjal untuk memetabolisme protein tapi kalau terlalu banyak bisa mempengaruhi kerja ginjal," tambahnya.

Ginjal bocor

Ketika ginjal terlalu berlebihan dalam membuang sampah protein, hal ini bisa memicu sindrom nefrotik atau ginjal bocor. Bahkan dr Eka menyebut bahwa kebocoran protein di ginjal meningkatkan risiko gagal ginjal sebesar 16 persen.

"Penyebab terbanyak selanjutnya radang ginjal (14.6 persen), gangguan ginjal kronik karena sebab tidak jelas (13.2 persen), hipoplasia atau anak lahir dengan kelainan bawaan ginjal kecil (12.3 persen)," tutupnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading