Sukses

Lifestyle

Mama Muda, Ini Tipe-Tipe Bermain Anak yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Lewat permainan, anak-anak dapat berkembangan secara maksimal. Permainan pun memiliki berbagai tipe yang dikelompokkan sesuai tujuan dan konsepnya.

Dikutip dari Buku Mama Bisa Bikin Playdate Sendiri, seorang ahli sosiologi bernama Midred B. Parten mengelompokkan tipe bermain berdasarkan konsep partisipasi menjadi enam kelompok, enam kelompok tersebut sebagai berikut.

1. Unoccupied Play

Pada kelompok ini, anak dianggap tidak bermain tetapi hanya mengawasi dan berekplorasi dengan melihat-lihat sekelilingnya untuk menemukan sesuatu yang menarik minatnya.

2. Onlooker Behavior

Pada tipe ini, anak hanya melihat anak lain bermain atau beraktivitas.

3. Solitary Independent Play

Anak lebih memilih bermain sendiri dan merasa tidak nyaman berinteraksi dengan anak lain. Mereka bermain dengan mainan pilihan sendiri dan tidak menunjukkan keinginan berinteraksi dengan anak lain.

4. Parallel Play

Pada tipe permainan ini, anak berada dekat dengan anak-anak lain tapi tak saling terhubung, tidak berbagi mainan dan tidak bermain bersama. Dan walaupun kerap terlihat mengobrol, apa yang diobrolkan bukan sesuatu yang terkoneksi.

5. Associate Play

Anak kerap bersikap egosentris. Hal tersebut dikenal dengan istilah "everychild for himself" dan cenderung meminjam, memberikan dan mengambil mainan dari anak lain.

Pada tipe ini, anak mulai belajar terhubung dengan orang lain dalam kontak personal, tetapi belum siap berpartisipasi dalam sebuah tim untuk menerapkan kerja kelompok.

6. Cooperative Play

Tipe bermain ini merupakan level tertinggi partisipasi anak dalam bermain. Pada tipe ini, anak mulai berbagi mainan, bergiliran bermain, serta mengijinkan anak lain menjadi pemimpin dalam kelompok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading