Sukses

Lifestyle

Tips Memilih Terong yang Segar, Matang dan Tidak Pahit

Fimela.com, Jakarta Saat belanja sayuran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya, yaitu memilih sayuran segar dan berkualitas baik, termasuk ketika belanja terong. Meski tampaknya sepele dan bentuk terong begitu-begitu saja, namun ternyata ada teknik khusus agar mendapatkan terong yang segar, tidak terlalu tua dan bahkan pahit.

Dilansir dari Thekitchn, ini tips memilih terong yang segar, matang dan tidak pahit.

1. Berat sesuai ukuran

Pilih terong yang beratnya mantap di tangan, ini tanda terong tersebut dalam keadaan naik, segar dan padat. Jangan ragu menimbang-nimbang dengan tangan untuk merasakan beratnya.

2. Kulit yang kencang, halus dan mengkilap

Seperti kulit tubuh yang sehat, kulit terong yang sehta juga bisa ditandai dengan kondisinya yang kencang, halus dan mengkilap. Ini tanda terong tersebut baru saja dipanen, tampak segar karena tidak terlihat layu.

3. Batangnya hijau

Pilih yang batangnya masih hijau segar, tidak layu, kecokelatan apalagi kering. Ini tanda terong yang sudah lama dan tidak lagi segar. Hindari juga memilih pangkal terong yang berjamur aplaagi mulai membusuk.

4. Dagingnya padat

Pilih terong yang jika ditekan dagingnya, ia akan kembali ke bentuk semula. Tidak terlalu keras atau terlalu mudah dibengkokkan. Tekstur empuk namun tetap kencang adalah ciri yang baik. Ini tanda terong yang matang dan tidak terlalu tua.

5. Pilih ukuran sedang hingga kecil

Jangan tergoda memilih sayur terong yang besar karena tampak menyenangkan. Sebaliknya, pilih terong yang tidak terlalu besar karena terong besar cenderung terlalu banyak biji dan terlalu tua sehingga berpotensi pahit. Nah, itu dia cara memilih terong yang baik, segar, tidak terlalu tua dan terasa pahit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading