Sukses

Lifestyle

Tips Memilih dan Mengenali Ikan yang Masih Segar

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja ikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Satu hal yang paling penting adalah memilih ikan yang segar dan berkualitas. Namun bagaimana caranya? Nah, dilansir dari Allrecipes.com dan WholeFoodsMarket.com, ini dia caranya.

1. Tidak berbau menyengat

Ikan yang segar tidak akan menimbulkan bau amis yang menyengat. Ikan segar terlihat baik secara bentuk dan berbau laut atau air.

2. Kulitnya cerah dan mengkilap

Perhatikan kulitnya, apakah berkerut, kusam dan pucat atau berwarna cerah dan mengkilap? Pilih ikan dengan tubuh yang kencang dan kulit mengkilap dengan sisik yang tidak rontok.

3. Insangnya segar

Lihat insang ikan, jika berwarna kemerahan cerah dan segar, tanda ikan tersbeut segar. Jika terlihat pucat, tidak baik, apalagi berlendir, jangan dibeli.

4. Dagingnya padat elastis

Karena ikan yang segar dagingnya juga elastis dan padat sehingga tidak berubah bentuk ketika disentuh. Jangan pilih ikan yang sudah lembek.

5. Matanya

Ikan dengan mata yang masih hitam, menonjol dan terlihat jernih menandakan ikan dalam keadaan segar. Jangan memilih ikan yang matanya sudah buram.

Itu dia tips memilih dan mengenali ikan segar. Bisa diterapkan jika ingin membeli ikan di pasar ya!

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Ikan yang Masih Segar
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut