Sukses

Lifestyle

Adi Putra, Seniman Berbakat Indonesia Berhasil Pukau Warga Jepang

Fimela.com, Jakarta Belum banyak dikenal masyarakat Indonesia,  Fotografer, videografer sekaligus sutradara asal Indonesia bernama Adi Putra justru dapat memukau hati masyarakat Jepang. Pada usia 22 tahun, nama Adi Putra pun sempat mencuri perhatian, terutama ketika film pendeknya ‘Adam’ diputar di Cannes Film Festival 2012 di Short Film Corner.

Sejak itu, Adi terus menggali kreativitasnya, baik di dunia fotografi, maupun video (film). Pria lulusan University of Southern California jurusan Cinematic arts-Film Production ini terus mengeluarkan karya-karya yang selalu mendapat apresiasi serta ulasan-ulasan positif dari media-media internasional.

Baru-baru ini, karya-karya Adi Putra ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari masyarakat Jepang. Adi Putra baru saja mendapat kehormatan didaulat untuk menjadi sutradara video klip untuk lagu berjudul “Perfect”  dari sebuah band yang sedang naik daun di Jepang, Luby Sparks pada mini album (I’m) Lost in Sadness. Label ternama asal Jepang bernama Spaceshower memercayakan kepada Adi Putra untuk menjadi sutradara untuk band yang dinaunginya tersebut.

Hasil karya Adi Putra tersebut dipajang di beberapa videtron di Jepang. Salah satunya di persimpangan tersibuk di dunia, yakni Shibuya Cross, Tokyo, Jepang. Karya anak bangsa tersebut, dipajang di beberapa big screen di jalanan sepanjang Shibuya.

“Tentunya untuk memajang videotron di persimpangan tersibuk di dunia itu harganya sangat mahal. Bila bukan karya yang sangat bagus tidak mungkin dipajang di videotron di Shibuya Crossing itu,” ujarnya seperti rilis yang diterima Fimela.com

Untuk bisa mendapatkan kesempatan yang luar biasa itu, apa yang dilalui oleh Adi Putra tentunya tak mudah. Sebelum mendapat kesempatan menjadi Sutradara band asal Jepang itu, Adi Putra sudah mengikuti beberapa even besar di Jepang. Karena itu pula, Adi Putra dilirik menjadi sutradara video kliP dari label musik Jepang bernama Spaceshower itu. 

Pameran Unknow Asia Art Exchange 2018 di Osaka

Tak sampai di situ, sebelumnya,  Adi Putra juga memukau publik Jepang atas karya-karyanya yang fotografinya yang dipamerkan di 'Unknown Asia Art Exchange 2018 Osaka Jepang' pada 15-16 September 2018 lalu di Harbis Hall Osaka, Jepang. Dari Indonesia sendiri ada 11 seniman yang diundang untuk pameran di sana. Salah satunya Adi Putra ini.

Pada gelaran Unknown Asia Art Exchange 2018 Osaka Jepang tersebut, dipamerkan karya-karya seni baru yang dibuat oleh orang seniman masa depan. Para seniman itu mewakili Asia dan Jepang dan mereka berkumpul di Osaka.

Karya Adi Putra banyak menerima pujian di pagelaran seni ini. Dalam pameran yang dihadiri lebih dari 10 ribu pengunjung dari berbagai bangsa. Uniknya, para pengunjung dapat memberikan suaranya untuk memilih siapa seniman yang terbaik dan menilai karya mana paling bagus. Karya-karya Adi Putra dalam pameran tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa.

Pada gelaran 'Unknown Asia Art Exchange 2018 Osaka Jepang' tersebut, Adi Putra mendapatkan sekaligus empat penghargaan. Beberapa penghargaan yang diraih Adi Putra ini antara lain, Judges Prize, 2 Reviewer Prize dan Sponsor Prize. Untuk Sponsor Prize, Adi Putra harus menyisihkan 200 seniman berbakat lainnya dari 10 negara.

Setelah mendapatan penghargaan tersebut, karya-karya Adi Putra kemudian dibuatkan official merchandise , berupa kaus dan casing ponsel. Sebagai apresiasi lainnya, Adi Putra kembali diundang  untuk memamerkan karyanya di Unknown Asia Extra Asian Art Exchange 2018 Daibiru & Festival City pada 19 November 2018 sebagai seniman utama (Main Artist).

Prestasi Adi Putra ini bukan hanya pada gelaran Unknown Asia Art Exchange 2018 Osaka Jepang saja. Sebelumnya, foto karya Adi Putra juga sudah pernah dimuat di media Jepang, seperti Nero Magazine Japan yang dilaunching oleh Sean Lennon (Anak dari John lennon dan Yoko Ono) , serta Metropolis Magazine Tokyo dimana musisi Shoko Yoshida terlihat memakai gaun merah dengan penutup muka yang diposting di instagram pribadinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading