Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Mengatur Keuangan Agar Bisa Lebih Cepat Kaya

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa cepat kaya, harus ada usaha dan upaya yang perlu kita lakukan. Kalau tak dapat warisan atau nemu harta karun, rasanya agak sulit untuk bisa kaya dalam waktu semalam, ya kan? Usaha untuk cepat kaya pun perlu dimulai dari kebiasaan-kebiasaan sederhana.

Dikutip dari thecollegeinvestor.com, ada lima kebiasaan yang bisa kita coba terapkan dalam mengatur keuangan agar jalan untuk menjadi orang kaya lebih mudah. Berikut info lengkapnya.

1. Pengeluaran < Penghasilan

Ini aturan paling dasar bila nanti ingin kaya di usia muda. Uang yang kita keluarkan jangan sampai melebihi pendapatan atau penghasilan yang kita punya. Apalagi kalau kita punya rencana bisa bebas finansial di usia muda, maka sejak sekarang perlu diterapkan pola hidup hemat. Belanja sesuai kebutuhan, bukan karena sedang ingin atau lapar mata saja.

2. Investasikan sebagian penghasilan

Semakin awal kita menginvestasikan sebagian penghasilan kita, maka semakin cepat kita bisa jadi orang yang kaya di kemudian hari. Ada banyak peluang investasi yang bisa dicoba, seperti reksadana, beli saham, hingga membeli aset untuk digunakan dalam jangka panjang.

3. Hindari utang

Kalau tak benar-benar perlu, tak perlu berutang ya. Apalagi kalau hanya ingin hidup sok mewah atau gaya-gayaan, sebisa mungkin hindari yang namanya berutang. Karena kalau satu utang tak bisa ditangani dengan baik, nanti bisa makin sulit dikendalikan dan berujung gali lubang tutup lubang.

4. Tekuni pekerjaan yang bisa dinikmati

Ada banyak bidang pekerjaan yang tersedia. Di sini kita perlu mencari pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kecakapan kita dan benar-benar bisa dinikmati. Dinikmati hasilnya dan dinikmati juga prosesnya. Karena kalau salah pilih pekerjaan, seperti tidak mendapat gaji yang layak dengan semua kerja keras yang sudah kita lakukan, kita bakal tambah stres menjalani hari yang ada.

5. Buat target menabung

Saatnya untuk membuat target tabungan. Misalnya, pada usia kesekian harus sudah punya uang sekian di tabungan. Dengan cara ini, setidaknya kita bakal punya motivasi dan mencegah diri agar tidak kebablasan dalam membelanjakan uang.

Selain lima hal di atas, satu hal penting yang jangan sampai dilewatkan adalah menyisihkan sebagian pendapatan untuk disedekahkan, ya. Biar semua rezeki dan penghasilan kita bisa mendapat banyak berkah.

Sekarang, yuk mulai terapkan kebiasaan-kebiasaan di atas. Saatnya untuk lebih bijak mengatur keuangan.

;
Loading