Sukses

Lifestyle

Belajar Menabung Untuk Masa Depan di Fimela Fest 2018

Fimela.com, Jakarta Kita tahu bahwa menabung memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, menabung juga dapat menyimpan dana candangan di masa yang akan datang.

Sebab, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi jika kita memiliki tabungan, masalah apapun bisa dihadapi. Untuk itu, memiliki planning untuk menambung tidak ada ruginya.

Seorang Blogger, Namira Monda mengatakan penting memiliki planning keuangan, apalagi setelah berkeluarga.

“Tadinya sebelum menikah dan punya anak, saving uang hanya untuk kesehatan. Namun, setelah menikah ternyata planning semakin banyak mulai dari melahirkan, kebutuhan pokok, sampai sekolah anak, belum lagi dana tak terduga,,” ujar Namira, saat ditemui dalam acara ‘How To Be Smart Mom In Digital Era’ di Gandaria City Mall, Jakarta, Minggu (18/11).

Namira menambahkan, apalagi dirinya memiliki anak yang dilahirkan secara spesial. Tentu membuat dirinya dan suami mengevaluasi lagi keuangan mereka.

“Aku sama suami evaluasi, pengeluaran apa yang harus dikurangi. Seperti contoh gaya hidup, tadinya sering ngopi di luar sekarang jadi jarang. Apalagi anak harus siap kapapun ketika ingin periksa,” paparnya.

Jadi selain punya budgeting, Namira juga memilih bank yang aman dan terpercaya untuk menyimpan tabungannya.

Berapa persen dari gaji untuk menabung?

Ina Damayanti selaku Marcomm Dept. Head J Trust Bank mengatakan sebenernya idelanya untuk menabung tidak ada ukuran pastinya. Sebab, tolak ukur setiap pendapatan satu keluarga berbeda.

Namun, untuk menabung yang harus dperhatikan ialah ketika menerima penghasilan, potong dulu untuk kebutuhan pokok. Barulah uang tersebut bisa ditabung.

“Dari pendapatan, kurangi kebutuhan pokok baru sisanya ditabung. Dan harus displin, bisa menahan diri tidak belanja,” paparnga.

Menurutnya, idealnya 10-30 persen dari gaji untuk menabung. Karena menurut Ina, menabung sangatlah penting. Dan carilah Bank yang memiliki potongan kecil, suku bunga rendah, bebas admin, serta bisa dapat hadiah.

Lebih lanjut Ina mengatakan, menabung atau investasi bisa dilakukan sejak dini agar mendapatkan hasil maksimal. “Di J Trust anak bisa dimulai dari 10 juta, untuk 10 tahun kedepan. Bisa untuk sekolah SMA dan Kuliah. Sejak dini hasilnya semakin baik,” ucapnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Memasuki Usia 20-an, Ini 5 Hal yang Harus Lebih Banyak Kamu Lakukan