Sukses

Lifestyle

Mengajarkan Anak Kemandirian, Membuat Mereka Tidak Mudah Rewel

Fimela.com, Jakarta Agar anak tidak terus menerus bergantung kepada orangtua hingga dewasa, maka sebagaiĀ  kita harus mengajarkan kemandirian sejak dini. Kedisiplinan menjadi salah satu cara mengajarkan anak untuk hidup tidak bergantung pada orang lain.

Kirana Peni Pratita, pendiri day care Toddlers town menjelaskan anak-anak yang terbiasa bersikap mandiri sejak kecil, tentu saja akan mempermudah kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, menurut Kirana kemandirian bisa diajarkan mulai dari hal-hal kecil, seperti cuci tangan sebelum makan, merapikan makanan setelah makan, dan membereskan maianan selesai bermain.

"Mandiri sejak dini bermanfaat untuk kehidupan anak nantinya atau ketika dewasa. Diajarkan bisa mulai dari kamar mandi cuci tangan sendiri, jadi tahu buka keran kaya gimana, trus pakai sabun. Bersihin makan setelah mereka selesai," ujarnya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meredam emosi anak

Selain, siap menghadapi kehidupan yang akanĀ datang, jika anak mandiri diharapkan dapat meregulasi diri sendiri.

"Jadi nggak bikin anak rewel atau tantrum. Karena mereka tau limit tubuhnya sampai mana. Tahu takaran bila ia lelah bagimana. Jadi membuat anak tidak mudah emosi yang berakhir pada rewel," tambahnya.

Ketika ia sudah sanggup bersikap mandiri, dia bisa melakukan banyak hal tanpa perlu dibantu. Kemandirian juga dapat memunculkan kepercayaan diri si kecil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading