Sukses

Lifestyle

Dendam Karena Cinta Bisa Merusak Kesehatanmu

Vemale.com - Bayangkan hal ini..

Kamu dan si dia sudah menjalin hubungan yang sangat lama, kalian saling mencintai, kedua orang tua sudah saling kenal. Bahkan terbesit keinginan untuk menikah dalam waktu beberapa bulan ke depan. Lalu.. seperti petir di siang yang cerah, ternyata pria yang kamu cintai berselingkuh dengan sahabat baikmu..

Berakhir sudah kisah cinta yang indah itu..

Air mata tak cukup, kemarahan muncul dan bisa jadi.. dendam..

Kami mengerti, pengalaman tersebut hanya salah satu dari jutaan kasus pengalaman pahit dalam dunia asmara. Bagi sebagian wanita, pengalaman ini bisa jadi pelajaran untuk membuat diri lebih kuat dan tegar. Tetapi.. bagi sebagian wanita yang lain, pengalaman tersebut bisa menyisakan dendam dan amarah. Dan kabar buruknya, dendam karena cinta bisa merusak kesehatanmu, tidak sekarang, tetapi beberapa tahun lagi.

Sebuah penelitian dilakukan Alex Likerman, seorang doctor of medicine dan kelompok peneliti dari University of Chicago pada 1.500 wanita. Hasilnya, hampir 98 persen wanita pernah mengalami pengalaman dihina oleh mantan kekasih/suami, atasan di tempat bekerja dan kerabat mereka sendiri. Yang menyedihkan, 70 persen wanita tersebut pada akhirnya menyimpan dendam.

Para peneliti mengatakan bahwa dalam beberapa kasus, kemarahan adalah pelampiasan emosi yang wajar. Tetapi jika dibiarkan terlalu lama dan mengakibatkan dendam pada hubungan di masa lalu, maka pengaruhnya akan berdampak pada kesehatan fisik para wanita di kemudian hari, antara lain:

  • Penyakit jantung
  • Maag
  • Nyeri kronis berkepanjangan

Kalau sudah begini, siapa yang rugi?

Sakit hati adalah hal yang wajar, itu adalah salah satu cara agar kamu bisa lebih menjaga diri agar hal yang sama tak terulang lagi. Tetapi ingat, jangan pernah menyimpan dendam seburuk apapun 'kejahatan' yang dilakukan pasangan kamu di masa lalu.

Tarik napas, nikmati indahnya hari-hari bersama orang yang kamu cintai dan mencintai kamu dengan tulus, tak perlu menyimpan dendam. Masih banyak hal menarik lain yang menanti untuk kamu nikmati dengan tubuh sehat, termasuk.. menemukan pria baik yang akan menjadi jodohmu :)

(vem/yel)
Loading
Artikel Selanjutnya
Move On, Ini 5 Tanda Mantan Tak Akan Mengajakmu Balikan
Artikel Selanjutnya
8 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sebaiknya Diakhiri