Sukses

Lifestyle

Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah takjil buka puasa yang lezat dan segar. Kacang merah yang manis berpadu dengan aroma kayu manis, menambah kelezatan Es Kacang merah. Membuatnya semakin mudah dengan langkah-langkah dalam video ini.

Bahan Utama:

150 gram kacang merah yang sudah dicuci bersih

1 cm kayu manis

1200 ml air

Bahan Sirup:

100 gram gula merah iris

125 gram gula pasir

800 ml air

Bahan Pelengkap:

50 ml susu kental manis

Es batu

Bahan Hiasan:

Jeruk lemon iris

1 pucuk daun mint

Cara Merebus Kacang Merah :

Siapkan panci, lalu tuangkan 1200 ml air ke dalam panci, kemudian masukkan kacang merah yang sudah dicuci bersih, dan kayu manis. Masak kacang merah selama 1 jam dengan api besar hingga air menyusut. Setelah air menyusut, aduk sebentar, lalu ambil 1 buah kacang merah, tekan dengan tangan, apabila sudah empuk menandakan kacang merah sudah matang. Lalu matikan api, siapkan saringan, masukkan kacang merah ke dalam saringan, lalu tiriskan airnya.

Cara Membuat Sirup:

Siapkan kembali panci, tuang 800 ml air ke dalam panci, kemudian masukkan irisan gula merah dan gula pasir. Aduk hingga gula larut dan masak hingga mendidih dengan api besar. Jika sudah mendidih, masukkan kacang merah, aduk kembali, masak hingga meresap selama 10 menit. Setelah 10 menit air sudah mendidih kembali, matikan api, dan siapkan gelas saji.

Saran Penyajian:

Tuangkan 1 sendok sayur kacang merah ke dalam gelas saji, siram dengan sirup gula hingga setengah gelas, kemudian berikan es batu hingga penuh, lengkapi dengan susu kental manis, terakhir hias dengan jeruk lemon iris pada sisi gelas dan pucuk daun mint di atasnya. Es Kacang Merah siap disajikan sebagai teman berbuka puasa.

Video ini akan membantu Anda mempersiapkan Es Kacang Merah yang segar dan lezat.

Video Bahan Es Kacang Merah:

Video Cara Merebus Kacang Merah:

Untuk melihat video proses membuat sirup Es Kacang Merah dan saran penyajian, silakan masuk ke Es Kacang Merah II

Sumber: videoresep/youtube.com

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading