Sukses

Lifestyle

Pre-Holiday Preparation

Liburan... saatnya melepaskan diri dari segala kepenatan pekerjaan. But first, lakukan hal-hal di bawah ini agar Anda tak mengalami post-holiday syndrome! Liburan nyaman kerjaan pun tuntas.

Mendengar kata liburan, tentunya terlintas di pikiran adalah sesuatu yang fun dan relaxing. Namun terkadang beban pekerjaan membuat Anda jadi tak menikmati liburan sepenuhnya. Bukannya bersantai, Anda justru sibuk menjawab email yang masuk. Belum lagi bayangan akan kembali ke kantor dengan setumpuk pekerjaan dan pontang-panting menyelesaikannya. Ughhh-it’s really not that fun anymore! Tak ingin hal itu terjadi, kan? Ikuti panduan Cosmo berikut agar liburan Anda terbebas dari stres, bukannya menambah masalah.

Jangan Membawa Beban

Selesaikan semua pekerjaan sebelum Anda mulai berlibur. Jika memang harus lembur, just do it! Saat berlibur, jangan pernah membawa dan memikirkan masalah pekerjaan – it will totally ruin your mood! Menuntaskan seluruh tanggung jawab pekerjaan akan mencegah si bos mengejar-ngejar kewajiban yang seharusnya Anda lakukan di saat Anda sedang berlibur. Selain itu, hal ini juga efektif untuk mencegah penumpukan kerjaan saat Anda kembali bekerja usai pelesir. Anda pun tak perlu khawatir tentang hal-hal yang harus dikejar usai kembali dari liburan. Namun jika memang tidak mungkin menyelesaikan semua pekerjaan yang sedang menjadi tanggungan Anda, tinggalkan catatan tentang status terakhir Anda mengerjakannya dan tetap berhubungan dengan kolega yang bekerja sama untuk proyek ini.

Delegasikan Tugas

Berkaitan dengan poin di atas, meskipun Anda sedang berlibur, bukan berarti segala hal yang sedang jadi tanggungan Anda lantas terhenti kan? Jika Anda memang sedang terlibat dalam proyek yang sedang berjalan ketika memutuskan untuk vakansi, jangan ragu untuk mendelegasikan tugas kepada rekan kerja yang Anda anggap mampu. Tunjukkan bahwa Anda tetap bertanggung jawab. Si bos pun tak akan ragu untuk memberi izin cuti di lain kesempatan jika Anda bisa menjalankan pekerjaan secara profesional.

Beritahu Rencana Cuti

Kembali bekerja dan menemukan inbox Anda dipenuhi dengan ratusan email, tentunya akan seketika membuat Anda stres. Cegah hal tersebut dengan cara yang sederhana, yaitu beri tahu seluruh orang yang terlibat atau berkaitan dengan pekerjaan Anda bahwa Anda akan cuti. Jika tahu Anda sedang cuti, tentunya mereka akan berpikir dua kali jika ingin “mengganggu” Anda, kecuali jika memang dalam kondisi yang sangat darurat. Buat jawaban otomatis di email ataupun telepon yang mengatakan Anda sedang cuti.

Tetap Aktifkan Telepon Selular

Cosmo paham rasanya sih memang tak menyenangkan jika di sela-sela liburan, Anda mendapat telepon dari si bos atau rekan kerja. Namun tak mau diganggu sama sekali dan memilih untuk tak mengaktifkan telepon sama sekali bukanlah hal yang bijak, dear. Saran Cosmo, hanya aktifkan telepon selular menjelang Anda tidur atau ketika bangun tidur. Tuntaskan semua email yang mendesak dan butuh balasan cepat. And then turn off again your mobile phone, and enjoy the rest of the day.

Rapikan Meja Kerja

Tampak sepele, namun besar dampaknya lho. Bayangkan jika sekembalinya Anda berlibur, Anda mendapati meja kerja yang penuh dengan tumpukan kertas. Setelah berhari-hari menikmati saat-saat indah, tentunya Anda tak ingin disambut dengan meja berantakan dan tidak rapi. Belum mulai bekerja pun Anda sudah stres duluan. Ini hanya akan membuat Anda sulit melakukan transisi dari kondisi liburan ke kondisi bekerja. Bersihkan dan tata kembali laci, lemari dan bersihkan juga area kerja Anda. Buang kertas-kertas yang sudah tidak Anda perlukan, dan letakkan semua file pada tempatnya. Hal ini juga akan memudahkan rekan kerja lainnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kembali bekerja dengan meja rapi akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

First Thing to Do After the Holiday

Come Early

Dengan datang lebih pagi, kita mengkondisikan tubuh dan pikiran untuk kembali ke ritme semula. Anda juga bisa menata ulang meja kerja yang mungkin sedikit berantakan atau menata foto-foto liburan Anda di meja sebagai penyemangat.

Check Email

Di saat liburan, tentunya Anda tak bisa leluasa membalas setiap email yang masuk. Di hari pertama Anda kembali bekerja, pergunakanlah waktu untuk membaca seluruh email, lebih baik lagi jika Anda langsung bisa merespon semuanya sekaligus.

Easy First

Lakukan satu dua pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Ini berguna sebagai 'ice breaking', untuk menyegarkan ingatan Anda tentang tugas yang sempat tertunda karena libur. Jadi, lakukan sesuatu yang easy and simple – jangan yang berat-berat dulu! [initial]

Source: Cosmopolitan, Edisi Juni 2012, halaman 236 http://cosmopolitan.co.id/

(Cosmo/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading