Sukses

Lifestyle

8 Bumbu Sehat Dari Seluruh Dunia

Bicara soal bumbu, apa yang Anda ingat? Kunyit. Ketumbar. Terasi. Semua benar. Tetapi bumbu yang satu ini mengandung aneka manfaat kesehatan yang bisa diaplikasikan sebagai obat sehari-hari.

Beberapa di antaranya bisa Anda temui di pasar tradisional. Namun, sebagian lainnya harus dibeli di supermarket atau swalayan.

Apa saja sih khasiat bumbu yang akan disebutkan ini? Baca selengkapnya.

(vem/)

Saffron

Bumbu ini tidak banyak ditemui di Indonesia. Namun bumbu ini sangat ampuh mengatasi gejala PMS yang ada.

Fungsinya meredakan stress dan emosi sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Selain itu saffron juga dapat mengobati asma dan batuk.

Bahkan menurut WebMD.com, saffron merupakan bumbu afrodisiak yang berkualitas.

Kunyit

Tahu kan apa itu kunyit? Bumbu ini sering digunakan sebagai bahan dasar kare atau bahan untuk menggoreng. Kunyit kaya akan antioksidan yang mampu membantu mengatasi penyakit seperti liver atau peradangan kulit.

Bumbu ini tak hanya bisa dicampurkan dalam masakan, namun juga dapat diminum sebagai jamu.

Tyhme

Berbeda dengan mint namun memiliki aroma yang segar. Daunnya kecil-kecil dan umumnya digunakan sebagai bumbu dalam sajian menu Italia.

Thyme kaya akan zat antioksidan seperti thymol, lavanoids apigenin, naringenin, luteolin dan thymonin. Antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah kanker, peradangan dan anti aging.

Kemangi

Daun yang biasanya dijadikan sebagai lalapan ini dapat membantu mengatasi kolesterol. Selain itu menurut WebMD, daun kemangi juga membantu menyembuhkan infeksi pernafasan, asma, diabetes dan lain sebagainya.

Jinten

Jinten bukanlah bahan yang asing lagi bagi kita. Hampir mirip seperti kayu manis, jinten baik dikonsumsi mereka yang menderita diabetes. Manfaatnya adalah agar kadar gula dalam darah tetap stabil.

Selain itu jinten dapat mengatasi problem perut dan merupakan sumber yang kaya akan kalsium, zat besi dan magnesium.

Kayu manis

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kayu manis dapat membantu menjaga kadar gula di dalam darah. Dapat mengurangi kadar kolesterol dan merupakan sumber serat yang baik.

Bunga pekak

Bunga pekak adalah bumbu yang saat ini jarang dipakai oleh awam. Khasiatnya sangat banyak, mulai dari mengatasi batuk, mimisan, sakit perut, meningkatkan jumlah ASI, membantu mengatasi kram perut saat haid, hingga meningkatkan libido.

Bunga pekak juga kaya akan serat dan sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh.

Rosemary

Populer sebagai tanaman hias, bumbu dapur ini juga kata akan antioksidan. Mengatasi peradangan dan membantu meningkatkan memori otak. 

Aromanya juga wangi, dapat dicampurkan dalam berbagai masakan. Umumnya dicampur pada masakan Italia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading