Sukses

Lifestyle

Zaskia Mecca: Ketidaksengajaan Yang Membawa Berkah

"Awal pakai hijab sebenarnya gak sengaja", begitu kira-kira kalimat awal Zaskia Mecca saat ditanya kenapa memutuskan untuk berhijab. Wanita kelahiran tahun 1987 ini mengawali kariernya dengan menjadi pemenang kedua sebuah ajang pemilihan di salah satu majalah remaja Indonesia.

"Beruntungnya aku terlahir dalam keluarga yang kental dengan pendidikan agama. Setiap hari minggu, aku dan saudara lainnya diharuskan pergi ke mesjid untuk mendengarkan ceramah. Kami juga diwajibkan shalat 5 waktu dan mengaji. Tapi hal itu tetap tidak ada pengaruhnya buat aku. Aku tetap menyeimbangkannya dengan kegiatan duniawi. Karena aku merasa usiaku muda".

Anak ke-4 dari tujuh bersaudara ini adalah remaja pada umumnya. Yang memandang hijaber sebagai kaum minoritas, dan memandang hijaber sebagai anak-anak yang kurang pergaulan. Sampai suatu hari, dengan niat 'jagain pacar' yang mengikuti seminar keagamaan, hari kedua seminar itu merupakan hari pertama di mana Zaskia Mecca mengenakan hijab dengan niat satu hari saja.

"Ternyata, niat satu hariku itu membawa makna ke 800 peserta seminar yang datang. Sebagian besar peserta menangis terharu pas lihat aku berjilbab", begitu kata Zaskia.

Dengan doa sebanyak itu, wanita yang ramah dipanggil 'iyah' ini merasakan sebuah dorongan untuk mempertahankan hijabnya sejak saat itu. Ditambah lagi sesampainya di rumah, sang bunda juga meneteskan air mata haru melihat puteri yang menurut beliau paling 'badung' tampil santun dengan hijab.

Zaskia Mecca sering merasakan berkah yang berasal dari hal-hal sederhana tetapi penuh makna untuknya setelah mengenakan hijab. "Sebelumnya gak banyak orang yang kenal siapa aku, sampai aku muncul di film 'Kiamat Sudah Dekat' sebagai Sarah. Dan sejak itu hampir kemanapun aku pergi, semua orang kenal aku dan jilbabku. Bahkan aku punya trendmark dengan jilbab ala Zaskia Mecca".

Diakui Zaskia, kejadian itulah yang menjadi berkah pertamanya setelah memakai hijab. "Aku tahu, bukan hanya karena film semata. Tapi sebagian orang juga menjadikanku sebagai role model mereka dan memandangku lebih positif karena aku mengenakan jilbab". Dan sampai detik ini, 8 tahun sudah berlalu dengan hijab yang dipertahankan, Zaskia merasa hidupnya lebih bermakna dan bermanfaat.

(vem/cjm/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading