Sukses

Lifestyle

Aceh Diguncang Gempa, Warga Kembali Trauma

Anda masih ingat dengan gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004? Gempa dahsyat dan sapuan tsunami hebat itu meluluhlantakkan bumi rencong itu. Tidak terhitung banyaknya korban jiwa dan trauma yang membekas di hidup warganya. Kini, gempa kembali terjadi di sana. Kemarin sore (2/7), Aceh diguncang gempa 6,2SR selama 15 detik dan langsung membuat warganya ketakutan luar biasa.

Gempa berkekuatan besar ini langsung membuat warga Aceh yang masih trauma dengan gempa berhamburan keluar. Mereka berlari menuju tanah lapang dan tempat yang tinggi karena takut tsunami terjadi lagi. Namun sayang, korban jiwa masih berjatuhan. Hingga pagi ini, sudah 22 orang meninggal dunia dan ribuan rumah rusak parah.

Warga Aceh Panik Menyelamatkan Diri | (c) AFP | source merdeka.com

Gempa ini tidak hanya terasa di Aceh, tapi juga di Medan. Warga Medan juga panik luar biasa begitu gempa mengguncang tempat mereka. Berbeda dengan Aceh, gempa di Medan tidak sebesar di Aceh. Hingga kini, warga Aceh masih takut untuk tinggal di dalam rumah karena takut akan ada gempa yang terjadi lagi.

Warga Aceh memang memiliki trauma tersendiri yang berkaitan dengan gempa dan tsunami. Mereka pernah porak-poranda karena dua bencana alam itu. Kehilangan keluarga, terluka, harta benda habis tak bersisa. Bertahun-tahun mereka mencoba menyembuhkan ketakutan dan kini gempa terjadi lagi, trauma mereka semakin menjadi.

Badan Meteorologi Dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa ini berasal dari dasar laut dan tidak berpotensi tsunami. Tapi tetap saja, warga Aceh takut dan memilih berlindung jauh dari laut.

Banyaknya korban meninggal dan ratusan korban luka-luka membuat warga Aceh kian berduka. Rumah sakit kini penuh dengan orang-orang yang tertimpa reruntuhan bangunan. Pihak pemerintah daerah Aceh sudah mengumumkan kepada warga untuk tenang, dan berdoa semoga tidak ada lagi bencana datang. Semoga musibah bagi tanah serambi Mekkah itu cukup sampai di sini, agar mereka bisa hidup tenang kembali.

BACA JUGA

Kisah Menyedihkan Baby Sitter Disiksa Majikan

Kontroversi Novi Amalia, Tabrak Orang Hingga Telanjang

Buku Sandwich Ini Bisa Membuat Lapar

Hot News: Berhubungan Intim Berakhir Kematian

5 Tempat Cantik Seperti Negeri Dongeng

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading