Sukses

Lifestyle

Ini Fungsi Butter dalam Membuat Kue, Penting Diketahui!

Fimela.com, Jakarta Selain tepung, salah satu bahan membuat kue yang tak kalah penting adalah butter atau mentega. Meski begitu, tak banyak yang tahu apa sebenarnya fungsi butter dalam resep kue. Bahan yang satu ini punya peran penting yang tak bisa diabaikan terutama memberikan hasil berbeda pada kue.

Butter sendiri setidaknya memiliki kandungan lemak sebesar 80%. Dilansir dari Baker Bettie, butter memberikan fungsi memberi rasa, melembutkan dan mengembangkan kue serta menurunkan efek gluten tepung. Berikut penjelasannya.

Rasa

  • Peran paling jelas yang diberikan butter pada kue adalah sebagai pemberi rasa. Kue tak akan memiliki rasa enak tanpa butter atau mentega. Bahkan jika yang digunakan adalah unsalted butter, namun memberikan rasa yang khas pada kue.

Memberi tekstur empuk dan melembutkan adonan

  • Butter akan membuat kue lebih empuk dan lembut ketika dimakan. Tekstur ini didapat dari lemak yang ada pada butter. Kue yang memiliki lemak akan memiliki tekstur halus dan lembut. Bandingkan dengan kue tanpa butter seperti kue gandum dan baguette yang kasar, kering dan keras.

Pengembang kue

  • Meski mungkin bukan bahan utama mengembangkan kue, namun butter cukup membantu mengembangkan adonan, contohnya pada adonan pastry yang berapis. Adonan pastry mampu mengembang karena bantuan butter.

Itu dia fungsi butter dalam membuat kue. Butter memgang peran penting dalam membuat kue. Jadi ketika resep kue mengharuskan adanya butter, maka jangan diabaikan ya.

;
Loading