Sukses

Lifestyle

Di China, Mulai Dari Brand Baju Hingga Kopi Ada Tiruannya

Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika negara tirai bambu ini membuat berita yang fenomenal. Bisa dibilang, China memang negara yang penuh dengan kontroversi. Apalagi kalau berbicara tentang belanja, siapa yang tidak pernah men-judgeapa saja yang terlihat mirip selalu datang dari China. Misal, ada barang tiruan sebut saja tas bermerk terkenal tapi harga miring, komentar pertama pasti "pasti barang China ya" Padahal tidak hanya China, Korea dan negara lainnya juga banyak melakukan tindakan serupa.

Setelah sebelumnya media sempat heboh karena rencana untuk membuat sebuah replika dari negara Austria terbongkar, kini dunia juga sedang melirik ke salah satu jalanan di China. Sepintas melihat dan berada di sana, Anda akan merasa seperti di salah satu negara di Eropa padahal Anda hanya berada di Wanda Square. Distrik ini memang salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Shenyang.

Mulai dari brand ternama seperti Prada, Hermes, Chanel ada di sana dan tentunya hanya brand tiruan. Bahkan, Anda juga bisa menemukan brand es krim Häagen Dazs dan Starbucks Coffee di sekitaran jalanan di Wanda Square. Häagen Dazs dan Starbucks Coffee di sekitaran jalanan di Wanda Square. (c) dailymail

Untuk penikmat brand asli, Anda mungkin akan merasa tercurangi karena sepintas nama dari brand-brand ini terlihat seperti asli. Kemudian, ketika masuk Anda akan menemukan barang yang berbeda, tidak sesuai harapan Anda. Diungkapkan oleh perwakilan dari Wanda Group melalui Shanghaiist, mereka memalsukan brand-brand ini hanya untuk tujuan marketing. Ini mungkin karena alasan ingin menaikkan penjualan dan sebagainya. Terlebih, jalan ini memang dipromosikan sebagai jalanan gaya Eropa yang bernilai 5000 Poundsterling atau sekitar 86 juta per meternya. Wow!

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, ini memang bukan 'ulah' pertama mereka. Tahun lalu, China memiliki rencana untuk menduplikasi tata kota dari Hallstatt yang sebenarnya ada di Austria. Tak tanggung-tanggung, bahkan China juga akan menciptakan danau yang sama agar terlihat sama sebelum pada akhirnya terkuak pada media.

Hal ini terjadi karena seorang dari China menyamar sebagai turis dan mengambil banyak sekali gambar dari setiap bangunan di Austria tiga tahun belakangan. Hingga pada akhirnya, blueprints dari rencananya ini tertinggal di hotel.

Thames Town di Shanghai, China (c) shanghaisquared

Selain Wanda Square, China juga memiliki Chengdu British Town yang mirip dengan Dorchester dan juga Thames Town yang terletak dekat dengan Shanghai. Wah, ini kreatif atau apa ya?

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading