Sukses

Lifestyle

Menyeramkan, Hewan di Danau Ini Bisa Berubah Jadi Batu

Hewan-hewan yang tampak seperti patung dalam artikel ini adalah hewan asli. Mereka mati dan berubah jadi patung karena terkena efek mematikan danau aneh ini. Mengapa bisa begitu? Silakan baca sampai habis.

Nama danau ini adalah Natron, namanya diambil dari mineral natrium karbonat dekahidrat, sebuah bahan yang telah lama dipakai warga Mesir untuk membuat mumi. Danau Natron yang terletak di Tanzania Utara, perbatasan negara Kenya punya keunikan yang menyeramkan dan mematikan. Hewan-hewan tidak bisa hidup di sana, karena mereka akan mati, berubah jadi batu.

Foto: Nick Brandt

Menurut New Scientist, senyawa mematikan di danau Natron berasal dari pembuangan abu gunung berapi yang ada di sekitarnya, dilansir oleh theblaze.com. Seorang fotografer bernama Nick Brand berhasil mengabadikan beberapa hewan mati yang ada di sekitar danau Natron. Hasil fotonya sangat menawan sekaligus menyeramkan. Menggambarkan sisi ajaib dari danau Natron.

Foto: Nick Brandt

"Air di sana memiliki soda yang sangat tinggi dan juga mengandung garam yang sangat tinggi. Hal itu membuat garis tinta di kotak kamera saya setiap detik. Soda dan garam menyebabkan pengapuran pada hewan dan mengubah mereka seperti kapur. Hewan ini awet sempurna hingga mereka mengering," ujar Nick.

Namun tidak semua hewan tenggelam, mati dan menjadi batu. Menurut New Scientist, ikan extremophile seperti nila alkali dapat beradaptasi di air yang panas, dengan tingkat keasaman air mencapai pH 9 hingga 10,5. Padahal air normal memiliki pH 7. Sebagai tambahan, danau Natron sering tiba-tiba menjadi sangat panas. Kadang, danau Natron menunjukkan warna merah menyala, dengan pola melingkar yang aneh.

Permukaan Danau Natron | Foto stern.com

Dengan kondisi alam yang 'ajaib', beberapa hewan yang tidak bisa beradaptasi dengan kondisi unik danau Natron akan mengapur, seperti hewan yang dicelupkan ke dalam semen basah. Danau ini adalah salah satu bukti ciptaan Tuhan yang unik dan bisa dipelajari manusia.

Apakah Anda berminat mengunjungi danau ini, ladies?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading