Sukses

Lifestyle

Wah! Ini loh 6 Fakta Menakjubkan Mengenai Tubuh Kita

Dalam pelajaran di sekolah kita, tubuh merupakan tema penting yang harus diajarkan kepada seluruh anak-anak di dunia. Hal ini dilakukan agar setiap manusia tahu fungsi dan peran penting tubuh kita dalam sehari-hari. Dan tak lupa tubuh memiliki berbagai organ dan alat yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda satu sama lain.

Namun, beberapa hal di bawah ini mungkin tak pernah Anda pelajari di sekolah sebelumnya. Yup, seperti yang dilansir oddee.com, beberapa fakta tentang tubuh ini akan membuat Anda terkejut dan kaget karenanya. Lantas fakta mengejutkan apa sih yang telah terungkap mengenai tubuh kita? Yuk simak beberapa fakta unik di bawah ini.

(vem/oem)

Tubuh Menghasilkan Aspirin

Kita semua tahu bahwa aspirin sangat dibutuhkan sebagai penghilang rasa sakit, seperti demam, nyeri dan juga sakit kepala yang kerap terjadi. Namun tahukah Anda bahwa ternyata untuk mendapatkan aspirin seseorang tak perlu mencari atau bahkan mengonsumsi aspirin itu loh. Sebuah studi mengejutkan baru saja ditemukan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Bahwasannya makan buah-buahan dan sayuran dapat membantu tubuh manusia dalam membuat aspirin sendiri di dalamnya. Pasalnya zat alami dalam buah dan sayur dapat menghasilkan asam salisilat yang merupakan komponen penting dalam pembuatan aspirin. Dan tentu saja, hal ini juga memiliki fungsi dalam menghilangkan beberapa penyakit pada tubuh terutama kepala.

Lidah Memiliki Kesamaan Dengan Sidik Jari

Pada pelajaran tentang tubuh, tentu lidah pun merupakan satu bagian tubuh penting yang juga harus dipelajari. Lidah kerap kali diajarkan kepada murid mengenai letak sebuah rasa di bagian pada beberapa sisi lidah itu sendiri. Namun tahukah Anda bahwa lidah memiliki sebuah persamaan dengan sidik jari manusia?

Nah, ternyata nih ladies, seperti halnya sidik jari, lidah pun juga memiliki pola dan struktur garis yang berbeda di antara satu orang dan lainnya loh. Lidah memiliki bentuk geometris dan tekstur fisiologis yang juga berpotensi dan berguna sebagai verivikasi identitas seseorang. Seperti halnya sidik jari, lidah seseorang pun tak akan bisa menipu dan juga hanya memiliki satu pola pada satu orang saja. Ajaib!

Kulit Telapak Jauh Lebih Tebal

Setiap manusia tentu dilahirkan dengan kulit yang merupakan pelindung pada tubuh mereka. Namun tahukah Anda ladies, bahwa kulit pada tubuh manusia tak memiliki ketebalan yang sama di setiap bagiannya loh. Pasalnya nih kulit pada telapak tangan dan kaki kita memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Yah, kulit telapak diperkirakan memiliki ketebalan lebih 4 mm dari kulit pada seluruh tubuh lainnya. Dan hal ini juga yang memicu kulit telapak kaki dan tangan memiliki kelenjar keringat lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Jadi jangan heran jika Anda merasa kaki dan tangan lebih sering berkeringat dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Tubuh Bertambah Tinggi Hanya di Pagi Hari

Anda mungkin tak percaya atau bahkan baru mengetahui hal menarik dan unik yang satu ini. Ternyata nih ladies, setiap orang akan bertambah tinggi setiap harinya loh. Eits namun jangan senang dulu, karena setiap manusia akan menjadi lebih tinggi di pagi hari saja.

Pasalnya, di pagi hari kita belum melakuakn banyak aktivitas setelah tidur seharian. Namun akibat beberapa aktivitas sehari-hari, kita pun menjadi pendek lagi. Sehingga intinya, setiap manusia akan lebih tinggi di pagi hari dibandingkan saat malam hari.

Tubuh Manusia Bisa Menyala!

Pada saat kita mendengar tentang cahaya, pasti kita akan berpikir mengenai lampu, lilin atau bahkan matahari. Namun siapa yang berpikir bahwa tubuh manusia pun dapat bercahaya di dalam kegelapan? Ternyata, mata manusia tak mampu melihat cahaya yang dikeluarkan secara otomatis pada tubuh kita di dalam gelap.

Sebuah studi dilakukan di mana tubuh seseorang dilihat menggunakan kamera ultra sensitif di dalam kegelapan. Cahaya kecil itu sendiri merupakan hasil dari reaksi kimia pada sel di dalam tubuh mereka loh. Dan ternyata beberapa ilmuwan Jepang telah mengetahui hal ini selama bertahun-tahun lalu!

Posisi Tubuh Dapat Menjadi Daya Ingat

Biasanya seseorang akan mengernyitkan dahi mereka saat sedang mengingat sesuatu yang nampaknya telah dilupakan. Namun cara itu akan sangat memakan waktu lama tentunya. Sebuah penelitian menemukan fakta baru bahwa bau parfum, suara, atau posisi tubuh dapat membantu seseorang untuk lebih teringat pada kenangan di masa lalu loh.

Namun yang lebih memiliki peran tinggi adalah posisi tubuh yang diulang persis dengan kejadian lampau. Semisal saat seseorang telah melamar Anda dalam keadaan berlutut, namun Anda melupakan hal itu. Minta lagi saja kepada dirinya untuk mengulang posisi tubuh yang pernah ia lakukan untuk Anda. Dijamin Anda akan dengan mudah untuk mengingat kejadian tersebut tanpa harus mengernyitkan dahi loh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading