Sukses

Lifestyle

5 Karya Seni Dunia Ini Hilang Dicuri Dan Belum Ketemu Hingga Kini

Pelukis, pemahat, bahkan pematung sudah ada sejak jaman dahulu kala. Banyak seniman jaman dahulu yang telah melahirkan karya-karya besar. Karya-karya ini sebagian besar dimuseumkan.

Namun sayang, beberapa karya seni dunia ini ada yang hilang Ladies. Lebih sayang lagi, karya-karya ini belum diketemukan hingga kini. Dilansir dari listverse.com, karya apa saja sih yang dicuri ini? Yuk disimak satu persatu.

(vem/and)

View of the Sea at Schevening - Vincent Van Gogh

Pada tanggal 7 Desember 2002 silam, sekitar pukul 08.00 pagi, dua orang berhasil naik ke atap museum Amsterdam dan menerobos masuk ke dalam gedung. Para pencuri ini hanya mengambil dua lukisan 'View of the Sea at Scheveningen' dan 'Congregation Leaving the Reformed Church in Nuenen'. Kedua lukisan ini dilukis pada tahun 1882 dan 1884.

Pada era tahun ini, Van Gogh berhasil mencapai puncak artistiknya. Dua lukisan ini digadang-gadang bernilai hingga ratusan miliar rupiah. Saat melukis View of the Sea at Scheveningen ini, Van Gogh harus melawan keadaan alam yang terjadi di sana. Angin yang berhembus kencang membuat buliran pasir menempel di lapisan cat.

Dua tersangka pencuri ini ditangkap pada tahun 2004 dan menjalani masa hukuman hingga empat setengah tahun penjara. Sayangnya, lukisan ini belum dapat ditemukan hingga kini. Bahkan museum menawarkan hadiah sebesar $ 100.000 atau sekitar Rp 1.000.000.000 bagi yang menemukannya. Hayo Ladies, siapa mau uang satu miliar rupiah?

Le Pigeon Aux Petits Pois - Pablo Picasso

Salah satu tindak pencurian paling aneh dalam sejarah terjadi Paris pada 20 Mei 2010 yang lalu. Para pencuri terlihat sangat profesional. Mereka mencuri satu dari lima lukisan para seniman ternama.

Salah satu yang dicuri dari Musee d'Art Moderne de la Ville de Paris ini adalah lukisan karya Pablo Picasso. Lukisan berjudul Le Pigeon Aux petits Pois ini diambil setelah para pencuri berhasil menghancurkan gembok dan jendela museum.

Pada tahun 2011, salah satu pencuri dari segerombolan pencuri lukisan berhasil ditemukan. Sayangnya, ia mengaku telah membuang lukisan tersebut ke sampah saking paniknya karena takut ketahuan mencuri. Hingga kini pun lukisan Pablo Picasso ini belum ditemukan lho.

The Just Judges - Jan Van Eyck

Pencurian ini memang terjadi puluhan tahun yang lalu. Pada 10 April 1934, The Judges dicuri dari Saint Bavon Katedral di Gent, Belgia. Kisah pencurian lukisan karya Jan Van Eyck ini sedikit dramatis Ladies. Kenapa?

Pada bulan November yang entah tidak diketahui tahunnya, sang pencuri yang diketahui bernama Arsene Goedertier mengaku bahwa ia telah mencuri lukisan tersebut. Sayangnya, saat mengaku ia sudah sekarat dan hampir mati. Sebelum meninggal, sang pencuri hanya memberikan sebuah klu bahwa lukisan The Judge ada dalam kuburnya kelak. Nampaknya, semua orang berspekulasi kalau The Judge ini sudah hancur.

Delapan Imperial Faberge Eggs

Tak hanya lukisan, koleksi benda berbentuk telur yang bertahtakan permata ini hilang diambil orang. Dikisahkan, Peter Carl Faberge membuat telur bertahta permata ini sebagai hadiah untuk keluarga kerajaan Rusia. Diperkirakan telur ini dibuat pada tahun 1885.

Pada tahun 1918, kaum Bolshevik menjarah House of Faberge, nama lain kerajaan Rusia, dan mengambil 52 telur hadiah ini. Beberapa telur hilang karena dijual ke kolektor pribadi dan delapan telur lainnya belum ketemu hingga kini. Waw misterius ya Ladies.

Charing Cross Bridge London - Claude Monet

Lukisan ini merupakan karya Claude Monet yang amat terkenal. Saat melihat lukisan itu pasti terasa biasa saja. Namun, Monet melukiskan jembatan London dalam versi siang dan malam yang digadang-gadang sangat bernilai seni.

Pada Oktober 2012 yang lalu, seseorang ditangkap dan dihukum karena mengaku membakar lukisan di dalam tungku ibunya. Meskipun beberapa bukti mengatakan memang benar lukisan Monet dibakar, namun belum ada bukti yang kuat dan lukisan ini masuk dalam daftar lukisan hilang hingga saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading