Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Kaldu Dari Udang

Menyantap makanan hangat dan berkuah di cuaca yang dingin memang sangat istimewa dan memberikan kenyamanan. Apalagi sup termasuk menu yang bergizi dengan aneka nutrisi yang bercampur jadi satu di dalamnya.

Bila cara membuat kaldu dari ayam dan daging sudah Anda kuasai, ada satu jenis kaldu lagi yang perlu Anda tahu cara pembuatannya.

Kaldu udang, jenis kaldu yang sehat dan berbahan dasar udang. Mengandung sedikit lemak namun kaya akan omega-3 dan omega-6, sehingga bisa dibilang kaldu udang jauh lebih sehat ketimbang kaldu daging sapi.

Tidak perlu memakai penyedap rasa untuk membuat kaldu dari udang, karena sebenarnya Anda bisa membuatnya hanya dengan menggunakan bahan kulit udang. Bagaimanakah cara membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini yuk.

Langkah 1.

Kupas udang jenis apa saja, sisihkan dagingnya untuk bahan masakan lain, dan ambil kulit, kaki-kaki, ekor, serta kepalanya, kumpulkan di sebuah wadah.

Langkah 2.

Agar lebih nikmat, siapkan bahan bumbu tambahan kaldu berupa bawang bombay, wortel, seledri, daun bawang, bawang putih. Potong semua bahan dengan ukuran besar dan tebal, sedangkan untuk bawang putih cukup digeprak saja, tidak perlu dicincang halus.

Langkah 3.

Tumis kulit udang di dalam wajan di atas api kecil agar aromanya semakin kuat. Setelah ditulis hingga harum, tambahkan air dan mulai proses pembuatan kaldu.

Langkah 4.

Masukkan tambahan bumbu dan sayuran yang sudah dipotong tadi, dan rebus setidaknya 30-40 menit.

Langkah 5.

Saring buih dan lemak-lemak yang keluar selama proses perebusan dan buang.

Langkah 6.

Kaldu sudah siap digunakan untuk memasak. Atau apabila Anda tidak ingin langsung menggunakannya, dinginkan sejenak, masukkan ke dalam plastik kemudian bekukan di lemari es.

Kaldu udang siap menyedapkan semua masakan Anda.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading