Sukses

Lifestyle

Tips Menggunakan Serai sebagai Bumbu Masakan

Fimela.com, Jakarta Serai merupakan salah satu bahan herbal yang lebih umum dijadikan bumbu masakan. Mudah ditemukan di pasar, sayangnya tidak banyak orang tahu tentang bagaimana menggunakan serai. Tanaman dengan wangi yang khas ini juga sering digunakan sebagai bahan pewangi alami dan bahkan punya banyak manfaat kesehatan.

Cara memilih serai

  • Untuk kepentingan memasak, memilih serai yang segar adalah keutamaan. Dilansir dari The Spruce Eats, batang serai yang segar adalah yang batangnya terlihat padat dan tidak kering. Cari batang yang harum, bentuknya rapat dan berwarna hijau dan putih segar hingga bagian tangkai bawah.

Cara menyimpan serai

  • Batang serai segar akan cepat kering dan kehilangan aromanya ketika dibiarkan di suhu ruangan. Untuk menyimpannya lebih lama, bungkus dalam wadah plastik atau kertas dan masukkan kulkas.

Cara menggunakan pada makanan

  • Untuk menggunakan serai sebagai bumbu makanan, kupas bagian kulit terluarnya dan gunakan hanya bagian putihnya saja yang segar dan beraroma kuat. Begitu juga jika ingin menggunakannya untuk minuman.
  • Potong bagian akarnya. Untuk memperkuat aromanya, bisa digeprak atau dimemarkan bagian ujungnya yang menggembung. Cara lainnya adalah dengan memotong-potong serai jadi bagian-bagian kecil untuk rasa dan aroma yang kuat. Tidak perlu mengikutsertakan bagian daunnya yang paling atas.

Itu dia tips menggunakan batang serai dalam makanan.

;
Loading