Sukses

Lifestyle

Trik Mengocok Putih Telur Agar Berhasil Mengembang

Semangat 45 dalam membuat kue seperti chiffon cake atau meringue cake seringkali luntur karena putih telur yang dikocok tidak dapat mengembang dengan sempurna. Duh! Bisa-bisa bantat, nih. Jangan keburu putus asa, Ladies.

Mengocok telur pada dasarnya adalah menambah udara. Oleh karena itu, volume putih telur dapat mengembang. Untung menambah udara ini perlu trik-trik khusus supaya mengembang dengan sempurna. Yuk catat triknya:

1. Gunakan wadah yang bebas lemak dan minyak. Jangan lupa pastikan terbebas dari kuning telur. Karena bahan-bahan inilah yang akan membuat hasil kocokan putih telur Anda menjadi gagal jika tercampur.

2. Atur mixer Anda pada speed terendah. Di awal memang gelembung udara akan terbentuk tetapi masih belum merata.

3. Setelah gelembung udara mulai stabil, naikkan kecepatan mixer Anda sembari memasukkan gula pasir sedikit demi sedikit.

4. Nah, jika gelembung udara yang terbentuk mulai kecil, Anda bisa menaikkan kecepatan mixer menjadi maksimum. Kocok hingga mencapai soft peak, yaitu tekstur busa putih telur terlihat halus dan lembut.

Tipsnya adalah jangan tergesa-gesa menaikkan speed mixer. Konsistensi kecepatan mixer akan berpengaruh pada kepadatan putih telur. Begitu pula dengan gula yang dimasukkan. Sebaiknya masukkan gula sedikit demi sedikit dan tidak terpusat di satu tempat. Jika gula sudah masuk seluruhnya, baru speed mixer boleh dimaksimalkan.

Bagaimana, mudah bukan mengocok putih telur yang sempurna? Selamat mencoba, Ladies!

(vem/wnd)
;
Loading