Sukses

Lifestyle

Mengenal Blanching: Cara Mudah Menjaga Kesegaran Sayur

Blanching seringkali ada dalam resep salad atau masakan bersayur lainnya. Sebenarnya apa itu blanching dan apa manfaatnya?

Seperti dilansir culinaryarts360 blanching adalah proses mencelupkan sayuran ke dalam air mendidih atau air panas selama beberapa saat. Metode ini menghancurkan enzim pada sayur, merubah tekstur sayur, dan memperkuat warnanya.

Jika anda berniat menyimpan sayur dalam waktu lama, merusak enzim dapat menjaga kualitas sayur tersebut. Enzim dapat membuat sayuran dan buah-buahan menjadi cepat busuk.

Sayuran yang telah di blanching akan memiliki tampilan yang menarik dan tahan dalam waktu yang lama. Blanching dapat membuat warna alami sayuran menjadi lebih cerah. Cara ini juga membuat sayuran akan terasa lebih lembut jika akan dimakan mentah.

Dalam pembuatan salad, blanching membuat sayuran lebih menyerap rasa dari dressing yang diberikan karena dinding sel yang rusak memudahkan cairan dan bumbu masuk ke dalamnya.

Manfaat lain dari blanching adalah memudahkan dalam mengupas kulit sayuran. Misalnya pada buah tomat, dengan melakukan blanching terlebih dahulu, maka, akan lebih mudah dalam mengupas kulitnya.

(vem/cha)
;
Loading